27 Maret 2014

Bubur Mang Dudung : Bubur Lezat yang Buka Mulai Tengah Malam


Wisata kuliner kali ini akan berkunjung ke tempat makan yang tidak biasa. Mungkin ketika berangkat ke tempat ini berbarengan dengan orang berangkat ke tempat tidur. Bisa menebak saya kemana ? Kali ini saya pegi ke bubur Mang Dudung di jalan Kedungdoro Surabaya. Kalau ingin ke tempat ini jangan saat orang bubur biasa berjualan di pagi hari yang cerah, yang kamu temukan hanyalah ruko - ruko yang berjejeran. Kalo kamu mau dateng kesini kamu harus datang jam 11 malam karena bubur Mang Dudung ini bukanya jam 12 malam. Kenapa harus datang 1 jam sebelumnya ? karena belum buka pun antrinya udah panjang, jadi harus datang awal agar bisa segera makan. Mang Dudung ini tidak mempunyai alamat karena memang warung kaki lima, jadi kalau mencari ya telusuri aja jalan kedungdoro lajur tunjungan - pasar kembang nanti kalau ada kaki lima yang ramai berarti disitulah Mang Dudung berada.


Biasanya bubur itu dijual pagi - pagi, kalau Mang Dudung berbeda, disini dijualnya malam - malam, saya sendiri tidak tahu alasan kenapa bukanya malam - malam. Saya kaget ketika saya datang kemari pertama kali bersama teman - teman saya, antrinya banyak banget, padahal ketika saya mendekat si penjual masih nyiapin dagangannya alias belum buka, mungkin orang - orang ini pada kelaparan atau ngidam bubur sejak siang harinya kali ya. Suasana tengah malam menjadi seperti jam 7 malam disini. Saya jadi penasaran seperti apa sih rasa bubur Mang Dudung ini sampai orang - orang rela keluar tengah malam buat beli bubur. Setelah menunggu, akhirnya bubur pun datang, saya membeli bubur spesial karena pake telor. Saat melihat buburnya saya kaget, ternyata telur yang dimasukkan ke bubur itu telor mentah, agar selera makan saya tidak hilang langsung saja saya aduk buburnya agar telor mentahnya gak terlihat lagi dan saya kasih sambal juga.



Hal kedua yang unik tidak ada kacang yang menghiasi bubur ini, biasanya kan ada kacang kalau beli bubur ayam, selain itu kalau beli yang spesial ada tambahan ati ayam dipotong kecil - kecil di dalamnya menambah cita rasa pahit. Setelah saya aduk saya pun mencobanya, ternyata rasanya enak, beda dengan bubur di tempat lain, entah apa yang membuatnya enak, karena sudah lapar saya dan teman - teman melahap bubur dengan cepat, tidak lupa kerupuk menjadi teman bubur yang paling setia. Untuk minuman ada pilihan teh hangat, jika sudah bosan dengan teh, di samping kanan kiri Mang Dudung ada penjual STMJ atau warung kopi, tinggal dipilih. Seporsi bubur biasa bisa didapatkan dengan harga 12 ribu, untuk yang spesial 13 ribu. So, kalau anda merasa lapar di malam hari, atau ngidam bubur di malam hari, datang aja ke tempat ini, jangan lupa dateng ramai - ramai agar tidak menjadi korban kejahatan tengah malam, selamat mencoba !
Read more!

25 Maret 2014

Gotri : Resto Unik khas Nasi Bakar


Wisata kuliner kali ini akan mendatangi sebuah tempat makan yang tidak asing lagi di kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa yang kuliah di Surabaya Timur karena tempat ini memang letaknya di Surabaya Timur. Tempat makan ini bernama Gotri, jangan tanya saya itu nama artinya apa karena saya belum tanya ke pemiliknya, hehehe. Letak tempat ini ada di Jalan Ngagel Jaya Utara, lokasinya tidak berada di daerah yang ramai jadi agak sulit untuk menemukan tempat ini, tetapi jika anda sudah di daerah ngagel anda tinggal tanya ke orang - orang yang ada disana pasti udah pada tau. Gotri mempunyai makanan yang sebenarnya tidak asing bagi orang - orang, tetapi yang membuatnya berbeda adalah cara memilih makanan, menurut saya inilah yang membuatnya berbeda dengan tempat makan yang lain. Ketika saya datang kesini makanan yang selalu saya beli adalah nasi bakar karena jarang ada di daerah sini dan memang enak.



Hal pertama yang ingin saya tulis adalah tentang makanan. Kalau saya bilang sih disini adalah restoran "semau gue" karena kita bisa memilih makanan yang memang sesuai sama kita. Ketika anda memilih makanan di restoran lain biasanya pilihan yang disediakan tidak banyak, contohnya untuk nasi goreng paling - paling adanya nasi goreng ikan asin, nasi goreng seafood, nasi goreng ayam, dan sejenisnya. Gotri memberikan cara memilih makanan yang berbeda, ketika anda ingin nasi goreng maka anda bisa memilih nasi goreng rawon, nasi goreng barbeque, nasi goreng rendang, nasi goreng tom yam, dan banyak yang lain. Ada juga ketika anda ingin membeli nasi, maka anda harus memilih 2 bagian, yaitu lauknya dan rasanya, untuk lauk ada ayam, sapi, cumi dan lainnya, untuk rasa lebih banyak lagi ada balado, woku, kare, lemon, mayoness, dan lainnya, jadi sesukamu pingin makan apa.



Ada juga nasi bakar yang menyediakan berbagai macam lauk dan rasa juga. Minuman yang ditawarkan pun juga beragam, ada mulai es - es sampai juice - juice. Ada barang ada juga harga, harga makanan dan minuman disini cukup terjangkau untuk porsi yang banyak. Contoh saja nasi bakar bisa didapatkan dengan membayar 12 ribu sampai 18 ribu, tergantung lauknya ,minuman pun ada yang 4 ribu sampai belasan ribu, dengan membawa uang 20 ribu bisa untuk makan kenyang kan. Untuk tempat makannya sendiri menurut saya sudah cukup nyaman, udah full AC, kursi yang disediakan banyak, dan makanan siap dihidangkan dalam waktu cepat. Oke, buat kamu - kamu yang pingin makan "semau gue", silahkan datang kesini, selamat mencoba !
Read more!

23 Maret 2014

Mie Mirip : Mie Instan dengan Penyajian Mirip Bungkusnya


Ketika kamu masih kecil suka makan mie instan ? kalau iya kecewa gak kamu setelah dibikinin oleh bibi atau mama ternyata mie nya cuma mie doang, untuk - untuk ada bawang goreng sama telor, tapi gak sama seperti yang ada di bungkusnya ? pasti semua pernah merasa seperti itu, saya dulu pun juga seperti itu. Nah, mungkin gara - gara pemilik tempat makan ini merasakan hal yang sama, maka tercetuslah ide untuk membuat tempat makan yang menyajikan "impian" masa kecil kita itu. Nama makanannya itu mie mirip, mungkin gara - gara dibuat mirip sama bungkusnya kali ya. Tempatnya ada di cafe Matchbox di kampus ITATS Surabaya, dekat dengan tempat kuliah saya di ITS. Makanan yang disajikan disini serba mie, ada 9 varian mie yang bisa dipilih, dan 9 varian itu diambil dari Indomie yang emang punya 9 varian, mungkin tiap Indomie nambah varian rasa baru disini juga ada varian baru juga.




Ketika saya datang kesini saya bersama keempat teman saya, dan ternyata motor kami semua sama, yaitu honda Revo. Ada Revo 110 cc dari generasi pertama sampai Revo fit yang terbaru, kita emang anak - anak revo, hehehe. Sewaktu ingin memesan, kita harus mengantri untuk membayar terlebih dahulu di kasir dengan menyebutkan nama karena akan berguna ketika mie sudah selesai dibuat nantinya, entah kenapa untuk membayar saja antrinya lama. Setelah membayar kita langsung mengambil minuman karena minuman langsung cepat disediakan. Setelah itu kita mencari tempat duduk, untuk menunggu mie siap dihidangkan bisa sambil nonton bareng pertandingan bola karena disediakan layar LCD yang menayangkan pertandingan bola, khususnya pada malam hari. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya mie datang juga, semua varian mie mangkoknya sama yaitu mangkok warna hitam, mirip dengan mangkok ramen.




Namanya juga mie instan, porsinya sedikit, jadi dalam waktu sekejap mie yang dihidangkan sudah habis. Harga 1 porsi mie disini ada di kisaran 9 - 12 ribu rupiah, tergantung varian yang mana. Jika ingin mie dobel bisa dengan menambah 4 ribu, dan jika tambah telor lagi bisa dengan harga 3 ribu rupiah. Dengan harga yang cukup terjangkau lumayan lah menghabiskan malam minggu bersama teman - teman, mau coba ? silahkan datang langsung ke kampus ITATS, bukanya pada sore sampai malam hari, selamat mencoba !
Read more!

Baegopa : Makanan Ala Steak dengan Porsi Jumbo



Weekend gini paling enak kalo jalan - jalan kan, apalagi kalo jalan - jalannya sambil mengisi perut dengan makanan yang enak - enak. Nah buat kamu yang lagi di Malang gak ada salahnya buat nyoba makanan yang satu ini, namanya Baegopa atau dalam bahasa Korea artinya lapar. Letaknya ada di jalan Mundu nomor 18, buat yang gak tau cari aja plasa dieng, tempatnya di gang seberang karaoke - karaoke yang berjejer di deket plasa dieng, atau gak pake google maps laah, udah gak jamannya lagi kan gak punya line dkk. Meskipun tempatnya ada di kompleks perumahan, tapi ramainya bagaikan ada di samping jalan besar, emang gini nih kalau makanan enak, dimanapun engkau berada, pasti akan didatangi juga, hehehe. Makanan yang disediakan disini ada banyak, tetapi konsep utama makanannya sih kalau saya bilang seperti steak tetapi dengan porsi jumbo.






Kenapa bisa seperti itu ? karena kalau saya makan steak di tempat - tempat biasa, pasti dagingnya cuma dikit, ya kalau bagi cowok cuma buat mengisi perut bagian kanan lah, bagian kiri diisi sama minumannya atau saos nya. Menu - menu yang disediakan serba ayam, meskipun sama - sama ayam, tapi olahannya beda - beda. Meskipun makanannya kebarat - baratan, tapi untuk penamaan tetap pakai nama yang gampang diingat sama orang sini, biasanya kan kalau tempat makan yang kebarat - baratan nama makanannya diucapkan pun susah, jadi kalau pesen harus tunjuk jari ke menunya, daripada salah sebut kan malu. Selain makanan utama yang serba ayam ada juga makanan ringan seperti kentang goreng atau cincin bawang (onion ring).





Ada makanan pasti ada minuman juga, disini minuman dibagi 2 katagori, ada katagori gelas dan katagori pitcher, kalau yang pithcer bisa buat rame - rame biar lebih hemat, toh makanannya gak ada yang pedes level - level gitu, jadi ya aman lah, gak sampai rebutan minum. Harga yang ditawarkan pun sebanding lah dengan porsi yang diberikan, untuk nasi ayam ada di 17 ribu dan untuk yang seperti steak jumbo tadi ada di kisaran 29 ribu. Harga minuman pun juga terjangkau, normal - normal aja sih. Ketika datang pertama kali yang pertama kali langsung mencolok adalah tempatnya yang unik, terutama di lantai 2. Mungkin ini yang membuat Baegopa memilih rumah ini jadi tempat berjualan, rumahnya cenderung klasik dan nyaman buat ngobrol - ngobrol. Ada ruang dalam dan ruang luar, kalau yang mau merokok bisa di ruang luar tersebut. So, ingin segera mencoba ? datang aja kesini, kalau gak mau rame waktu siang aja, soalnya kalau udah malem ramainya minta ampun, selamat mencoba !
Read more!

14 Maret 2014

Kober Mie Setan : Mie Super Pedas dengan Puluhan Cabai


Remaja - remaja di Indonesia lagi suka yang namanya makanan pedas, entah itu keripik, nasi goreng, mie goreng, sampai sop. Semua kalangan pengusaha kuliner berlomba - lomba menyediakan makanan pedas ini, mulai dari kuliner kaki lima sampai hotel bintang lima, semua ada. Seingat saya yang mengawali makanan pedas - pedas ini adalah makanan biting atau kalau di daerah lain disebut beting atau lidi saat saya masih SD. Jadi ini makanan atau snack panjang - panjang dengan bumbu pedas yang dijual di kantin - kantin SD, termasuk SD saya. Lama tidak ada varian baru saat saya SMA di Malang muncul yang namanya keripik pedas, dengan Maicih sebagai inisiatornya. Gara - gara ada keripik pedas ini banyak makanan - makanan super pedas selain keripik lain yang muncul, salah satunya mie setan yang ketika saya kuliah ini buka cabang di Surabaya dengan nama kober mie setan (di Malang namanya mie setan aja), letaknya ada di kacapiring, dekat dengan pintu belakang Grand City dan SMA kompleks, sederet dengan stasiun Gubeng.




Ketika awal kemunculannya di Malang sudah membuat remaja se antero Malang berlomba - lomba datang kesana, berlomba - lomba menjadi master anti pedas dengan mie puluhan cabai yang dipesannya. Saya sendiri waktu itu tidak terlalu suka pedas, jadi saya tidak tertarik untuk kesana, tetapi gara - gara teman saya mengajak kesana, jadinya saya ikutan waktu itu. Perlu diketahui mie setan ini kalau malem minggu antrinya bagaikan dufan saat musim liburan, panjang banget sampai mau makan aja harus menunggu tempat duduk kosong, ampun deh. Setelah dapat duduk pun harus menunggu makanan cukup lama karena banyak sekali yang memesan, belum lagi yang dibawa pulang, waktu itu saja 1 jam menunggu.


Cukup untuk kenang - mengenang, sekarang saya cerita yang ada di Surabaya. Tidak berbeda jauh dengan yang ada di Malang, disini juga antrinya mengerikan kalau malam minggu, tetapi saya kesini waktu hari kerja jadi tidak antri, tapi tetap saja ramai. Cara memesan disini sama seperti di KFC atau MCD, jadi langsung antri di kasir dan langsung membayar, bedanya kalau di KFC makanan langsung dibawa kalau disini makanan menyusul, yang penting dapat duduk dulu. Dulu yang ada cuma mie setan, tetapi sekarang ada mie setan dan mie iblis, bedanya kalau mie iblis itu mie goreng. Tingkat level kepedasan diskala 1-5, tinggal dikalikan 10 untuk jumlah cabainya, kalau 5 ya 50, buset dah. Saya memesan mie setan yang level satu, dengan berharap tidak terjadi apa - apa terhadap perut saya.


Selain ada mie juga ada minuman yang menyegarkan dengan nama yang mengerikan, ada es pocong, es kuntilanak, es genderuwo, untung saja tidak ada es nyi pelet. Satu hal yang harus diperhatikan ketika makan disini adalah ketika membayar dikasir saya sarankan menggunakan nama teman anda yang keren ketika ditanya nama, karena nama itu akan terdengar seantero tempat makan ketika pesanan anda sudah jadi. Jadi entah kenapa disini itu tidak menyediakan nomor meja, tetapi memanggil nama pemesan ketika pesanan sudah datang, mungkin ini salah satu strategi marketing mereka, yaitu membuat kita sedikit malu. Harga yang ditawarkan pun cukup murah untuk makanan, dan cukup mahal untuk minuman, karena harga minuman dan makanan sama saja, sekitar 9 ribu rupiah. Kalau boleh saya bilang mie disini bukanlah mie dengan bumbu cabai, tetapi cabai dengan bumbu mie, banyak banget cabainya. Saran saya sih kalau kesini saat hari kerja agar tidak mengantri, selamat mencoba.
Read more!

09 Maret 2014

Kimchi Go : Makanan Serba Korea di Surabaya



Beberapa tahun terakhir di Indonesia ini lagi demam yang namanya Korea, awalnya sih dari serial dramanya, lanjut ke musisinya atau lebih tepatnya boyband dan girlband, lama kelamaan menjalar ke budaya termasuk salah satunya makanan. Saat ini mulai banyak makanan Korea yang dijual di Indonesia, mulai dari yang murah sampai yang mahal, tetapi masih terbatas di kota - kota besar saja. Berhubung saya tinggal di Surabaya, jadinya yang saya ulas adalah yang ada di Surabaya. Ketika saya berjalan - jalan ke Galaxy Mall, ternyata ada makanan serba Korea disini di daerah food courtnya, namanya adalah Kimchi Go. Sebenarnya saya tidak tahu bahwa ini adalah makanan Korea, tetapi karena pacar saya suka Korea, jadinya dia yang tau, kalau dilihat - lihat dari namanya aja udah keliatan kalau ini tempat makan Korea, kimchi kan adanya di Korea aja dan emang terkenal sebagai lalapan khas Korea, hehehe.





Ketika masuk saya tidak tahu sama sekali tentang makanan disini, tertarik Korea aja enggak. Akhirnya berbekal pengetahuan ketika menonton running man, pacar sayalah yang memilih makanan yang dipesan, pokoknya yang pernah ada di running man. Saya lihat - lihat makanan korea ini kebanyakan adalah olahan mie, menu nasi hanya ada 1, dan hampir semua menunya ada telurnya, ternyata mie telor juga terkenal di Korea, bedanya kalau disini adanya Ind*mie telor di warnet - warnet atau kantin sekolah. Harga yang ditawarkan relatif tinggi, mulai dari 40 ribuan sampai 70 ribuan, mungkin ada yang lebih mahal tetapi saya tidak melihatnya, silau bung.




Saat makanan datang yang saya lakukan adalah mencicipi bumbunya, penasaran karena pekat sekali. Kata dia sih ini olahan kedelai, tetapi tidak ada rasa kedelai sama sekali. Setiap makanan yang ada disini selalu ditemani oleh kimchi, rasa kimchi ini kecut - kecut enak, katanya sih ini makanan tersehat di dunia. Meskipun makanan Korea, tetap saja yang kerja disana adalah orang pribumi, mungkin jika orang pribumi itu kreatif beberapa tahun kedepan akan ada tempat makan korea yang lebih murah dari ini, hehehe.
Read more!

Hao Hao : Terang Bulan Premium dengan Coklat Toblerone


Akhirnya bisa posting lagi, kalau udah masa - masa kuliah gini susah cari bahan buat posting, gimana gak susah tiap hari ngeliatin laptop terus buat ngerjain tugas, jadinya gak bisa kemana - mana deh. Saat - saat waktu senggang saya gunakan untuk istirahat, kebetulan waktu itu lagi gak pingin istirahat, jadinya nyari tempat kuliner terkenal yang belum saya datangi. Kebetulan beberapa hari ini temen - temen lagi heboh sama yang namanya Hao Hao, sebenarnya makanannya sih sudah biasa ditemui di daerah manapun, yaitu terang bulan atau kalau di Jakarta sebutannya martabak manis, tapi kalau Hao Hao ini terang bulan bukan sembarang terang bulan, biasanya kalau orang jualan terang bulan pakai coklat biasa, mentok mentok pakai meses, nah kalo disini coklatnya pake toblerone broo, buset dah.




Gara - gara coklatnya pake toblerone ini, selain rasanya semakin yahud, harganya pun juga "yahud". Untuk yang ukuran kecil dihargai 55 ribu, kalau yang besar 78 ribu, bisa dibuat beli terang bulan super 4 bungkus kalau di tempat lain. Tapi emang ada harga ada rasa, rasanya manteb banget, coklatnya kerasa banget tanpa campuran apapun yang lain, legit gitu lah. Waktu itu saya beli yang ukuran kecil, isinya sekitar 8-10 potong, cukup mengenyangkan. Letak nya ada di seberang Galaxy mall Surabaya, jadi kalau menemukan semacam pujasera di seberang galaxy mall, disitulah tempat Hao Hao berjualan. Namanya juga terang bulan, jadi bukanya pun malem, kalau cari makanan ini pagi - pagi dijamin tidak ada.




Jika ingin beli Hao Hao ini, saya sarankan datengnya jangan malam - malam, karena kalau tidak kehabisan ya antrinya semakin panjang. Selain itu, siapkan berbagai hiburan untuk menemanimu ketika menunggu terang bulan pesananmu dibuat. Jadi langkah pertama yang kamu lakukan adalah datang ke sebelah kanan gerobak Hao Hao untuk memesan, setelah itu kamu akan mendapatkan nota yang bernomor antrian, waktu itu sih saya menunggu lebih dari satu jam. Kalau tidak membawa hiburan sih bisa juga dibuat jalan - jalan ke Galaxy mall, lumayan buat cuci mata. Oke, selamat mencoba terang bulan kelas atas ini yaa.
Read more!
badge