12 April 2014

Soto Cak Har : Soto dengan Bonus Semangkok Balungan Ayam


Pagi - pagi paling enak sarapan apa ya ? biasa sih orang - orang di jawa timur paling suka sarapan bubur ayam atau pecel, saya juga seperti itu. Tetapi jika sudah bosan ada alternatif lain untuk sarapan, yaitu soto ayam, sudah menjadi budaya kalau makan soto itu ya di pagi hari sama seperti pecel. Nah karena saya tinggal di daerah sekitar ITS, maka saya cari soto yang terkenal di daerah sekitar sini, ternyata soto yang terkenal disini tidak jauh - jauh dari ITS, letaknya ada di jalan arif rahman hakim, dekat dengan surabaya convention hall, nama soto itu adalah soto Cak Har. Meskipun sudah terkenal tetapi tempatnya masih seperti saat pertama berdiri sepertinya, mereka tetap menjaga ciri khas warungnya. Tidak heran ketika sudah jam makan jalan di depan soto Cak Har ini akan macet karena mobil - mobil pengunjung berjejeran di pinggir jalan karena tempat parkir yang tidak mencukupi.



Saya berkunjung kesini sekitar pukul 10 pagi, bukan jam sarapan sih, tapi bagi kami anak ITS sudah bisa makan jam segini saja sudah bersyukur. Karena ini merupakan warung soto, yang disediakan adalah soto tentunya. Tetapi saat soto datang pelayan warung juga membawa satu mangkok yang berisi ayam potong yang telah di potong - potong dan udah direbus, sepertinya ini sisa - sisa potongan ayam yang sudah tidak dipakai, saya tidak tahu ini cara makannya itu dicampur dengan soto atau dimakan sendiri sebagai makanan penutup, sepertinya terserah pembeli dan ini gratis. Sebenarnya soto cak har ini sudah membuka cabang di jalan MERR dengan tempat yang jauh lebih besar, saya sudah beberapa kali kesana, tetapi karena saya ingin mengetahui asal usul tempat yang lama, jadinya saya pergi ke tempat lama disini.


Soto ayam cak har ini tidak pernah sepi baik di tempat lama maupun di tempat baru, dari pagi sampai tengah malam selalu penuh dengan pembeli, tetapi jika pembeli tidak terlalu banyak soto ini akan dihidangkan dengan sangat cepat, mengalahkan restoran cepat saji bahkan. Kita bisa mendapatkan seporsi soto ayam dengan harga 14 ribu rupiah dan teh hangat dengan harga 3 ribu rupiah. Ohya, soto yang disediakan disini hanyalah soto ayam, jadi bagi kamu - kamu yang mencari soto daging sapi tidak ada disini. Hal unik yang membuat soto ini enak adalah pilihan daging ayam yang kita mau bisa sesuka hati, kita bisa meminta bagian apa saja dari ayam, semua ada. Selain itu kuah yang ada di soto ini menggunakan santan dan dicampur koya sehingga rasanya lebih enak. Sudah menbaca kelezatan dari soto ayam cak har ini tidak lengkap jika tidak mencicipinya langsung, so selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge