28 Mei 2014

Mie Apong: Mie Legendaris yang Lezat di Jember


Tidak lengkap rasanya ke suatu daerah tanpa mencicipi kuliner khas nya. Tanah kelahiran saya ada di Jember, tetapi karena sejak setelah lahir saya tinggal di Pasuruan, maka dari itu Jember menjadi tempat pulang saya ketika hari raya tiba. Tetapi sejak saya kecil sampai sekarang saya belum pernah berkeliling disini, mungkin karena dahulu tidak ada teman - teman sebaya disini, jadi saya hanya di rumah dan pergi ke pusat perbelanjaan saja. Semenjak aktif kembali menulis blog saya menjadi penasaran apa sih makanan yang terkenal disini, dan saya menemukan nama mie apong. Saat saya jalan - jalan ke pulau bangka, pulau belitung, dan Palembang, semuanya mempunyai makanan khas mie dengan bumbu masing - masing, ternyata disini juga makanan khasnya mie. Di jember ada beberapa cabang dari mie apong, dan saya mengunjungi yang terdekat dari pusat kota, yaitu di jalan samping johar plaza. Harga yang ditawarkan oleh mie apong sangat terjangkau, hanya 8 ribu untuk porsi biasa dan 10 ribu untuk porsi besar.




Berhubung siangnya saya sudah makan, maka saya membeli yang porsi biasa saja. Saat mie datang saya kaget karena ukuran satu helai mie yang cukup besar diameternya, tidak seperti mie pada umumnya, sepertinya mie disini dibuat sendiri oleh pemiliknya. Ketika diaduk ternyata jumlahnya pun juga banyak, tidak terbayang bagaimana jika saya membeli porsi besar, bisa melembung perut saya. Rasa yang ditawarkan pun cukup enak, makanya banyak pembeli disini. Ketika mama saya tanya ke penjaga kasir, ternyata dugaan mama saya benar. Saat masih sekolah dulu mama saya sering diajak makan mie oleh eyang saya, tetapi tidak tahu mie apa namanya.



Ternyata setelah mencicipi makanan mama langsung teringat mie yang dia makan saat kecil, ternyata dugaannya benar, inilah tempat mie yang dulu biasanya dikunjungi, tempatnya sudah berpindah sehingga mama tidak mengetahui nama dari mie ini. Saat ditanya penjaga kasir mengiyakan pertanyaan mama, ternyata rasa tidak berubah meskipun sudah bertahun - tahun. Maka dari itu bagi kamu yang ingin mencoba makanan paling dicari di Jember, inilah tempatnya, ada beberapa cabang, seperti di samping johar plaza, samping jalan besar depan roxy mall, dan 2 lainnya saya tidak tahu, bisa dicari di google kok, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge