13 Juni 2014

Bebek Tugu Pahlawan: Bebek dengan Daging Empuk dan Sambal Nikmat

Kali ini saya mengunjungi makanan yang tidak asing lagi di Surabaya, apa itu ? makanan itu adalah Bebek. Makanan bebek sudah tidak asing lagi di Surabaya, kemanapun anda pergi pasti bisa menemukan lalapan bebek, ada yang campur dalam satu naungan warung penyetan, ada yang berdiri sendiri sebagai warung bebek. Ada banyak bebek yang terkenal di Surabaya, salah satunya adalah warung bebek tugu pahlawan ini. Letaknya persis di seberang tugu pahlawan, jika ditanya alamat saya tidak tahu alamatnya karena adanya saat malam hari, jika siang tempat ini jadi tempat parkir ruko, hehehe. Meskipun warungnya ada di kaki lima, tetapi pengunjungnya sangat banyak, bahkan mobil - mobil berjejeran di sepanjang jalan. Hal inilah yang membuat saya penasaran untuk mengunjungi tempat ini. Dari cerita orang tua saya warung bebek ini sudah ada sejak lama, jadi sepertinya sudah melegenda.



Ketika saya datang ternyata menu yang masih ada hanya tinggal protolan. Disini ada 5 macam menu, yaitu paha super, paha biasa, dada, protolan, dan jeroan. Jadi mau tidak mau saya membeli yang protolan. Dalam bahasa Indonesia protolan itu berarti peretelan, atau tidak utuh. Tetapi meskipun protolan dagingnya tetap banyak dan rasanya tetap enak. Harga termahal ada di paha super, 17 ribu rupiah, protolan sendiri harganya 14 ribu rupiah. Seperti bebek laris lainnya, bebek tugu pahlawan ini dagingnya empuk, tidak alot seperti di tempat lain, saya sendiri masih penasaran kenapa dagingnya bisa seperti ayam empuknya. Sambalnya sendiri menggunakan sambal biasa, ada juga sambal kering, ketika saya makan rasanya agak asin, tetapi tetap saja bikin ketagihan.



Seperti warung bebek lainnya, warung ini hanya menjual olahan bebek saja. Jika saya boleh saran, datang sebelum jam 9 jika ingin bebas memilih menu yang mana karena saya datang di atas jam 9 malam hanya bisa memilih protolan saja. Jika datang kesini langsung saja ke meja penjual karena metode pemesanannya langsung ke pedagang, setelah mendapatkan makanan langsung membayar, baru mencari tempat duduk. Untuk minuman pun juga demikian, langsung datang ke penjual minuman dan langsung membayar. Jika anda tidak suka makan bebek karena dagingnya yang alot, wajib datang kesini untuk menikmati daging bebek yang empuk. Sambalnya lumayan pedas dan membuat keringat menghiasi wajah saya, tetapi tetap saja habis karena memang enak, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge