01 Juli 2014

Bali Trip episode 4 : Bumbu Pedas dari Ayam Betutu Khas Gilimanuk


Setelah berkeliling di Pesta Kesenian Bali, perut kami pun terasa lapar. Setelah browsing di google mencari tempat makan yang banyak dikunjungi ditemukanlah Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Kata orang tidak lengkap rasanya ke bali kalau tidak makan ayam betutu, salah satu ayam betutu  yang terkenal disini adalah ayam betutu khas gilimanuk ini. Ada beberapa outlet yang dimiliki oleh ayam betutu khas gilimanuk ini, saya mengunjungi outlet yang berada di jalan Merdeka nomor 88 Denpasar karena letaknya yang tidak jauh dari Bali Art Center. Untuk mencari outlet lain yang ada di Bali bisa melihat di website rumah makan ini , jarang - jarang lho ada rumah makan yang punya website. Ketika saya melihat - lihat daerah sekitar Denpasar ternyata ayam betutu tidak melulu dari gilimanuk, ada yang bertuliskan dari daerah lain, tidak seperti di jawa yang masakan khas mempunyai daerah masing - masing seperti soto ayam lamongan, sate madura, siomay bandung, dan lain - lain.



Makanan unggulan di tempat ini adalah ayam betutu, ketika membeli kita bisa memilih berbagai ukuran, ada 1 ekor, 1/2 ekor, dan 1/4 ekor. Saya sendiri waktu itu membeli 1/4 ekor, ukurannya setara dengan porsi untuk 1 orang jika di warung seperti biasanya. Membaca dari orang - orang yang sudah pernah makan ayam betutu, saya menjadi takut mules karena dari cerita - cerita bumbunya sangat pedas. Saat makanan datang ternyata tidak hanya ayam dan nasi saja yang disediakan, tetapi juga ada sayuran yang kalau di jawa disebut lalapan, rupanya lalapannya ini juga diberi cabai - cabai. Saat saya memakannya ternyata tidak seperti yang saya duga, tidak terlalu pedas. Mungkin gara - gara saya sudah terbiasa makan makanan pedas jadinya sudah tidak terasa pedasnya.




Ohya, ayam betutu ini menggunakan olahan ayam yang direbus sehingga ada kuah dalam sajiannya, kuahnya yang lezat membuat ketagihan. Tetapi karena semakin berkembangnya jaman membuat rumah makan harus lebih berinovasi, akhirnya saat ini ada ayam goreng betutu dan bebek betutu. Rasanya yang lezat membuat saya menghabiskan makanan ini dengan cepat, sebenarnya saya masih lapar tetapi karena harganya yang lumayan mahal jadinya saya tidak jadi membeli 2 porsi, hehehe. Untuk ayam betutu 1/4 ekor sendiri dihargai 26 ribu belum termasuk nasi. Bagi kalian yang sedang berkunjung ke Bali tidak ada salahnya mencoba berkunjung ke tempat ini, dijamin tidak menyesal apalagi jika anda suka makanan pedas.

2 komentar:

badge