01 Juli 2014

Bali Trip episode 5 : Gurihnya Sate Lilit Cuma Ada di Bali


Setelah makan ayam betutu, perut saya masih lapar saja. Google pun membantu saya untuk mencari makanan apa lagi yang harus saya coba. Sate lilit pun menjadi tujuan selanjutnya perjalanan saya disini. Namanya yang terdengar asing pun membuat saya penasaran sate seperti apa makanan ini. Menurut referensi website kuliner yang saya baca, tempat untuk membeli sate lilit yang direkomendasikan ada di jalan pulau Moyo Denpasar, untuk mencari tempat ini pun saya mengandalkan google maps. Setelah menyusuri jalan sempit dan ramai, akhirnya ditemukan juga tempat ini. Tempat menjual sate lilit ini sangat sederhana dan tidak menyediakan tempat duduk, sehingga harus dibawa pulang.


Harga yang ditawarkan pun cukup murah, 2 ribu rupiah untuk 3 tusuk, tidak menunggu lama sate pun sudah dalam genggaman, tidak sabar untuk menyantapnya. Selama perjalanan di dalam mobil tercium bau sedap dari sate ini. Setelah sampai di penginapan pun saya langsung membuka kresek sate ini. Tidak seperti sate di jawa, sate disini tidak langsung dicampur dengan bumbu, sehingga sate langsung dimasukkan ke dalam kresek tanpa ditutupi oleh apa - apa. Bumbu nya sendiri dimasukkan ke dalam plastik kecil. Ketika saya ambil, ternyata tangkai satenya sangat lentur, padahal terlihat sangat tebal, saya tidak tau ini memakai kayu apa. Bumbu yang disediakan pun tidak mengandung cairan, jadi terbuat dari olahan rempah - rempah yang dicincang.



Sate lilit sendiri terbuat dari olahan ikan laut yang dilebur dan dibakar seperti sate. Saat memakan satenya, ternyata dagingnya setiap tangkai tidak sebanyak yang terlihat, mungkin terlihat banyak karena tangkainya yang tebal. Saat ditambah dengan bumbu sate lilit terasa sangat sedap, bercampur gurih dan pedas. Karena rasanya yang enak ini tidak dalam waktu lama sate pun habis. Sebenarnya ada banyak penjual sate lilit di Denpasar, tetapi jika boleh saya rekomendasikan belilah di tempat saya membeli ini karena sudah terbukti rasanya lezat, selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge