02 Juli 2014

Bali Trip episode 6 : Tol Bali Mandara, Tol Atas Laut Pertama di Indonesia

Beberapa tahun yang lalu masyarakat Indonesia dibuat kagum oleh jembatan terpanjang di Indonesia yaitu Suramadu yang terletak di Jawa Timur, jembatan ini melintasi selat madura yang menghubungkan kota Surabaya dengan kota Bangkalan di pulau Madura. Untuk membuat jembatan sepanjang lebih dari 5 km ini saja membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun, waktu yang sama sudah digunakan negara China untuk membangun jembatan berkali - kali lipat panjangnya, bahkan negara mereka sudah memiliki beberapa jembatan terpanjang di dunia, panjangnya lebih dari 30 km. Nah, berita mengejutkan lainnya datang dari Bali, pulau yang tidak ada tol sebelumnya. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 tahun tol pertama di Bali selesai dibangun, amazing.


Apa rahasianya ? ternyata rahasianya adalah sebagian besar jalan tol berada di atas laut, meskipun terdengar lebih susah daripada membangun jalan di daratan, tetapi jika di Indonesia malah sebaliknya, tol di atas laut bisa diselesaikan dengan cepat, karena yang membuat lama pembuatan jalan tol adalah pembebasan lahan. Latar belakang pembuatan jalan tol ini adalah untuk menyambut KTT APEC yang diselenggarakan di Bali. Tol ini menghubungkan 3 kawasan di bali, yaitu benoa, nusa dua, dan ngurah rai. Tarif untuk melintasi tol ini lebih murah daripada melintasi jembatan Suramadu, yaitu 10 ribu rupiah, kalau jembatan suramadu 30 ribu rupiah untuk mobil.


Beberapa sumber menyatakan bahwa tol ini adalah tol terindah di dunia, apalagi kalau laut lagi pasang. Dengan dibangunnya tol ini terbukti mempersingkat perjalanan antar 3 kawasan tersebut dan mengurangi macet di jalan umum yang sudah lama ada. Jadi buat kamu - kamu yang ingin melihat tol ini langsung saja datang ke salah satu pintu masuk tol, pesan saya ketika menikmati keindahan alam sekitar ambillah lajur kiri agar tidak mengganggu pengguna jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge