05 September 2014

Bukit Sikunir: Melihat Lukisan Indah Atap Jawa Tengah


Perjalanan saya kali ini dilakukan di Jawa Tengah, tepatnya di sebuah tempat tinggal tertinggi di pulau Jawa. Saya sudah lama ingin mengunjungi tempat ini, tempat yang dijuluki tempat bersemayam dewa dewi. Nah, akhir Agustus ini ada acara besar yang diadakan disini, namanya Dieng Cultural Festival (DCF) yang kelima. Tidak ingin melewatkan kesempatan emas ini, saya pun memutuskan untuk datang kesini saat ada event seperti ini. Saya memesan penginapan sebulan sebelum event ini berlangsung tetapi masih saja kehabisan penginapan yang murah, akhirnya berkat bantuan penduduk sana yang ingin membantu kami, kami mendapatkan persewaan home stay yang murah, saat hari biasa rumah ini tidak disewakan untuk penginapan, hanya saat DCF saja. Saya pergi ke tempat ini bersama 6 kawan saya, kami mempersiapkan banyak sekali perlengkapan karena takut kedinginan ketika di atas.







Tempat pertama yang kami kunjungi adalah bukit Sikunir. Bukit ini ada di desa Sembungan, desa tertinggi di pulau jawa, ada pada ketinggian sekitar 2300 mdpl. Saya sendiri bermalam di desa dieng kulon yang ada di ketinggian 2093 mdpl dan merupakan pusat keramaian dataran tinggi dieng. Kami berangkat sekitar pukul 3 pagi karena takut tersesat dan masih harus mendaki dari tempat parkir. Jarak antar desa ini memang dekat, hanya sekitar 15 menit saja, tetapi karena masih sangat gelap dan tidak ada lampu penerangan, kami harus berhati - hati saat pergi kesini. Sebenarnya kami bisa parkir di telaga cebong yang ada di tempat mulai pendakian bukit sikunir, tetapi karena jalan tertutup terop warga, maka terpaksa harus parkir di desa sembungan.







Mendaki dari telaga cebong ke puncak bukit sikunir sebenarnya tidak berat, karena saya sudah pernah mendaki yang lebih berat ke kawah ijen. Hanya dibutuhkan sekitar 1 jam saja paling lama untuk sampai ke puncak bukit sikunir ini. Saat sampai di atas saya pun mencari spot paling baik untuk mengambil gambar pemandangan indah ini. Dari atas bukit sikunir kita bisa melihat puncak gunung sindoro dan gunung sumbing di tengah matahari terbit. Selain itu kita juga bisa melihat keramaian yang ada di kaki gunung tersebut serta awan yang membalutnya, memang indah. Jika anda kelaparan jangan khawatir karena di puncak bukit sikunir sendiri ada orang yang berjualan gorengan atau mie instan. Oke, ini adalah salah satu tempat yang wajib anda kunjungi jika pergi ke Dieng.

3 komentar:

  1. ==== rangka atap galvalume ====

    Kami CV.Bangun Tujuh Cahaya melayani Penjualan Rangka Atap Galvalume untuk Kebutuhan Proyek dengan Penawaran harga Bagus dan melayani Pengiriman di seluruh Indonesia.Proyek Gedung Perhotelan dan Perkantoran sering menggunakan Rangka Atap Galvalume. 031 51908246 – 087702472417 – 08972734385

    salam
    Jasa Seo Surabaya

    BalasHapus
  2. Selamat Datang di Rotan Sholuna Furniture

    Kami Furniture Rotan Sholuna dari Jepara memproduksi berbagai macam kerajinan rotan seperti Kursi Makan, Sofa, Kursi Tamu dan Meja minimalis, Souvenir, Lounger, Ayunan berbahan Rotan Sintetis maupun Natural, Berkualitas Hotel dan Restauran dengan harga murah.Kami juga menerima pembuatan furniture rotan secara custom untuk ukuran,bahan,warna dan desain.

    Souvenir Rotan Tempat Tisu
    Souvenir Rotan
    Pengrajin Rotan
    Kursi Rotan
    Tempat Baju Kotor


    BalasHapus
  3. Senapan Angin merupakan senapan / senjata yang digemari karena sensasi ketegangan; sensasi kekuatan; serta sensasi kebanggan luar biasa yang didapatkan hanya karena senjata angin ini. Distro Sniper Group sebagai Distributor Senapan Angin menjawab semua keperluan anda untuk mendapatkan sensasi-sensasi luar biasa.

    +6285211583101 Distro Sniper indonesia - Jual Senapan Angin Sharp, Gejluk Dual Power, PCP, Gas, Pompa Tangan Proses Mudah Transaksi Aman Terpercaya dan Bergaransi.

    BalasHapus

badge