07 September 2014

Candi Arjuna: Riuh Berkat Menjadi Pusat Acara Dieng Culture Festival 2014


Tempat keempat yang kami kunjungi hari ini adalah tempat yang paling terkenal di Dieng, ibaratnya tidak ke Dieng jika tidak ke tempat ini. Nama dari tempat ini adalah kompleks Candi Arjuna yang terletak di desa Dieng Kulon, sangat dekat dengan penginapan saya. Candi Arjuna sendiri berada di daerah keramaian Dieng, dekat dengan pusat oleh - oleh dan minimarket, itu yang membuatnya sangat mudah dijangkau. Sebenarnya rencana kami adalah memarkir mobil di dekat kompleks area Candi Arjuna saja karena meskipun dekat kaki kami sudah sangat pegal karena mendaki 2 bukit pagi tadi, nah saat sampai di daerah ini jalanan sudah sangat ramai, ternyata para wisatawan yang ingin melihat Dieng Culture Festival (DCF) 2014 sudah berdatangan sehingga mobil saja sangat susah untuk melewati jalan ini, akhirnya kami memutuskan memarkir mobil di penginapan saja.




Setelah parkir mobil kami pun berjalan kaki menuju ke kompleks candi, meskipun acara siang ini tidak begitu menjadi tujuan wisatawan, tetap saja jalanan ini sangat padat karena biasanya jarang sekali ada kendaraan disini tiba - tiba 2 hari ini ada ribuan orang datang, mobil parkir di kanan kiri jalan serta wisatawan yang memenuhi trotoar membuat Dieng menjadi "kota" 2 hari ini. Kami pun masuk ke dalam kompleks candi dengan membeli tiket umum pengunjung, ada beberapa spot disini yang menjadi tempat keramaian, di tempat parkir ada pagelaran seni lokal, di panggung lapangan utama ada pagelaran wayang, di lapangan samping candi sedang disiapkan untuk pagelaran jazz atas awan nanti malam, dan di kompleks candi sendiri sedang dipersiapkan untuk proses pemotongan rambut gimbal keesokan harinya.



Saya sendiri mengunjungi kompleks candi yang hari ini tidak lagi "alami". Sudah dipasang pagar pembatas dan papan sponsor untuk pagelaran pemotongan rambut besok, jadi saya tidak bisa leluasa menikmati candi Arjuna ini. Selain itu salah satu bangunan candi sedang dipugar sehingga dipasang kayu - kayu di badan candi. Candi ini terdiri dari 5 bangunan yang masing - masing candi diberi nama sesuai dengan nama tokoh pewayangan. Hal unik lain yang saya temukan adalah candi ini ada di Kabupaten Banjarnegara, tetapi telaga warna terletak di kabupaten wonosobo, dan kawah singkidang ada di kabupaten Banjarnegara. Jadi hari ini perjalanan saya dimulai dari kabupaten Banjarnegara, lalu menuju bukit sikunir di Wonosobo, lalu lanjut ke kawah singkidang di Banjarnegara, lanjut ke telaga warna di wonosobo, kemudian terakhir ke candi Arjuna di Banjarnegara, jadi meskipun berbeda daerah itu wisata yang saya kunjungi ini terletak di jalan yang berurutan, sepertinya perbatasan daerah disini berbelok - belok, entahlah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge