27 Oktober 2014

Hari Blogger Nasional ke 7


Ada yang tau hari ini ada hari apa? mungkin sebagian besar akan menjawab hari pelantikan menteri kabinet kerja di pemerintahan Jokowi, emang bener sih tapi bukan itu yang saya maksud. Buat para blogger hari ini adalah hari yang istimewa karena tepat hari ini, 27 Oktober 2014, merupakan hari blogger nasional yang ke 7. Ada yang tau sebelumnya tentang hari blogger ini? berikut adalah cuplikan sejarah terbentuknya hari blogger nasional:
"Hari blogger awalnya dicetuskan ketika Mohammad Nuh menghadiri Pesta Blogger yang berlangsung di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Sabtu 27 Oktober 2007. Tanpa diduga ajang kopi darat blogger se-Indonesia itu akan membuat Mohammad mengumumkan 27 Oktober sebagai hari blogger nasional"(http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00060258.html)

Sebagai seorang penulis dunia maya yang selalu meluangkan waktunya untuk menuliskan pengalaman atau pemikiran di dalam blog, saya merasa bahwa hari blogger nasional ini patut untuk dirayakan. Blog merupakan suatu wadah untuk kita dalam mengembangkan bakat menulis dan melatih kita untuk memberikan sesuatu kepada dunia melalui hal kecil ini. Dalam blog kita bisa menambah teman sesama blogger atau menambah teman akibat orang tersebut menyukai tulisan - tulisan kita. Ada orang yang berkata bahwa orang yang sudah tiada yang tertinggal di dunia hanyalah apa yang sudah dia berikan untuk orang lain, salah satunya menurut saya ya tulisan - tulisan dalam blog ini. Tidak perlu menjadi penulis andal untuk bisa menggaet pembaca, tidak perlu menerbitkan buku untuk mendapatkan atensi dari orang lain, cukup menuliskan sesuatu yang bermanfaat di blog kita akan menjadi seseorang yang dikenang nantinya. Terakhir, selamat hari blogger nasional, semoga blog masih tetap eksis sampai kapanpun.
Read more!

26 Oktober 2014

Gorengan Girang: Pisang Goreng dengan Berbagai Topping Lezat



Wisata kuliner kali ini akan mengunjungi salah satu tempat di Surabaya. Sudah bosan dengan makanan berat dan makanan pedas yang khas di Surabaya, kali ini saya akan mengunjungi salah satu tempat untuk menikmati makanan ringan yang ada di Surabaya. Nama Tempat ini adalah Gorengan Girang yang beralamat di jalan Dharmawangsa nomor 138 Surabaya. Lokasi ini sangat dekat dengan kampus B Unair, sehingga jika bingung dimana jalan Dharmawangsa cari saja dulu kampus B Unair lalu bertanya saja kepada orang sekitar yang ada disana. Saya datang saat siang hari, sekitar pukul 11 pagi sehingga tempat ini masih sepi, biasanya tempat ini akan ramai saat malam hari sebagai tempat berkumpul anak muda. Saya yang belum pernah kesini bingung dengan pemilihan menu yang ternyata cukup unik.











Ada banyak macam topping yang bisa dipilih disini, tetapi hanya dengan 1 menu utama yaitu gorengan pisang. Tetapi tunggu dulu, topping yang ada disini bukanlah sembarang topping karena sudah dibuat modern, sebagai contoh ada topping tiramisu, oreo, blueberry cheese, green tea, dan lainnya. Dalam satu porsi pembelian anda akan mendapatkan 6 pisang goreng yang sudah diberi topping. Uniknya adalah anda bisa meminta dalam satu porsi tersebut berisi berbagai macam topping, biasanya 3 varian. Nah, untuk varian yang ada kejunya, untuk satu porsi dijual seharga 15 ribu, sedangkan yang tidak ada kejunya cukup 10 ribu. Ada makanan pasti juga ada minuman juga dong, nah disini minuman yang disediakan pun juga banyak. Ada minuman oreo, hazelnut, green tea, dan lainnya. Biasanya yang menjadi favorit adalah oreo dan green tea. Harga minuman disini berkisar antara 10-13 ribu rupiah, cukup murah bukan dengan minuman menyegarkan seperti itu. Saat saya makan ternyata topping manis sangat pas dengan pisang goreng yang gurih, sehingga dalam waktu singkat makanan yang saya pesan pun habis. Buat kamu yang pingin tempat nongkrong unik yang ada di Surabaya, tempat ini wajib dicoba.
Read more!

16 Oktober 2014

Mie Mapan: Pangsit Mie Bersejarah di Surabaya


Wisata kuliner kali ini akan mengunjungi sebuah tempat yang sudah sejak lama ada di Surabaya, tulisan di papan namanya sih gitu. Berawal dari perbicangan saya dengan teman saya tentang mie enak yang ada di Surabaya, teman saya menyarankan saya untuk ke tempat ini. Sebenarnya ada banyak tempat makan mie yang ada di Surabaya, tetapi sepertinya teman - teman yang saya temui ini menyarankan saya untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Namanya adalah Mie Mapan, letaknya ada di Rungkut Mapan Tengah 1/FB 11 Surabaya, lebih mudahnya ada di dekat Yakaya Rungkut. Kata teman saya sih sudah banyak cabangnya di Surabaya, tetapi lokasi utamanya ada di tempat ini, gak afdol dong kalo belum ke tempat utamanya. Ada waktu senggang saya pun langsung meluncur ke daerah Rungkut untuk mencari mie mapan ini. Tidak susah untuk menemukannya, ketika sudah memasuki daerah rungkut mapan, cari saja masjid di sebelah kiri jalan, nah tepat di samping masjid itu ada jalan dan disitulah letak mie mapan berada.





Saat saya datang sore hari, niat saya sih agar tidak terlalu rame. Benar saja, ketika saya datang suasana tidak terlalu ramai tetapi tetap saja sudah banyak pengunjung, tidak membayangkan bagaimana jika saya datang pada siang hari atau malam hari, pasti akan sangat ramai. Tempat mie mapan ini menempati sebuah rumah, lebih tepatnya sih teras rumah. Dalam daftar menu ada banyak sekali makanan yang disediakan, ada beberapa makanan terbaru seperti mie kare ayam dan mie kuah pedas yang kata mbak - mbak pelayannya sih sedang jadi favorit sekarang. Tetapi karena saya belum pernah sama sekali kesini jadi saya memesan menu yang sudah favorit sejak tempat ini pertama kali berdiri, yaitu pangsit mie komplit, disebut komplit karena sudah termasuk siomay, bakwan, dan pangsit.




Tidak lama berselang mie pun datang dan karena kuah nya tidak terlalu panas sehingga saya bisa langsung menyantap mie yang disediakan. Minuman yang saya pesan adalah es leci karena di daftar menu dikasih tanda jempol yang berarti ini adalah menu favorit disini. Harga seporsi mie pangsit komplit yang saya beli adalah 27 ribu untuk porsi biasa dan es lecinya sendiri seharga 13 ribu rupiah. Untuk rasa jangan ditanya, rasanya enak dan bumbunya meresap sehingga tidak lama makanan saya pun habis saya lahap. Selain porsi biasa ada juga porsi jumbo di tempat ini, oke buat kamu yang suka makan mie jangan sia - siakan untuk menikmati makanan di tempat ini, dijamin tidak menyesal. 
Read more!

06 Oktober 2014

Sate Klopo Ondomohen: Nikmatnya Sate Daging Sapi Dibalut Kelapa


Pertama - tama saya ucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 14345 H, semoga saudara - saudara kita yang sedang melaksanakan ibadah haji diberikan kekuatan dan keselamatan. Oke, Bertepatan dengan hari raya Idul Adha yang tidak jauh - jauh dari kambing dan sapi, wisata kuliner saya kali ini akan mengunjungi sebuah tempat makan yang menyediakan sate. Biasanya sate kan terbuat dari daging ayam atau daging sapi, nah kali ini saya akan mengunjungi sate yang dibuat dari salah satu hewan kurban yaitu sate daging sapi. Nama dari tempat makan ini adalah sate klopo ondomohen yang sudah terkenal sejak lama. Bertanya sate mana yang paling terkenal di Surabaya, sebagian besar orang bakal merekomendasikan ke tempat ini. Tidak heran, tempat makan yang berlokasi di jalan Walikota Mustajab nomor 36 Surabaya ini banyak dikunjungi public figure terlihat dari foto - foto yang dipajang di dinding tempat makan. Lokasinya sangat strategis, hanya beberapa ratus meter saja dari Balaikota Surabaya dan tidak jauh dari jalan Genteng Kali.




Saya datang saat sore hari setelah lelah jalan - jalan di salah satu mall di Surabaya. Banyaknya daging sapi yang berterbaran di masyarakat karena ada banyak pemotongan hewan qurban tidak membuat warung makan ini sepi pengunjung, tetap saja pengunjungnya sangat ramai dan mejanya penuh. Ada satu hal baru yang saya ketahui ketika datang kesini kali ini karena kunjungan saya sebelumnya tidak ada hal yang aneh. Saat orang tua saya memesan sate ayam tetapi tidak pakai kepala, pelayan tempat makan mengatakan bahwa semua sate harus pakai kelapa, karena faktor bahasa juga sedikit membingungkan akhirnya di iya kan saja daripada tidak segera makan.



Saya berpikir bahwa kelapa akan ditambahkan saat akan dibakar, nah entah emang satenya udah dibalut kelapa dari sononya, atau pelayan warung yang tidak tahu maksud kami saya tidak tahu. Rasa satenya sendiri memang enak, dagingnya empuk dan rasa kelapa tidak mengganggu rasa daging yang legit. Harga satu porsi sate yang berisi 10 tusuk sate adalah 20.000 rupiah, nasi putih sendiri seharga 3000 rupiah, cukup terjangkau kan. Buat kamu yang pingin coba sate dengan sensasi daging yang berbeda, tempat ini wajib dicoba.
Read more!
badge