25 November 2014

Dunia Maya juga Punya Etika dan Aturan Lho

sumber gambar: http://www.raphaelchaia.com.br/
Artikel kali ini akan sedikit berbeda dengan artikel sebelumnya yang saya tulis, jarang - jarang saya menulis tentang hal - hal positif seperti ini lho, jadi harus dibaca ya, hehehe. Sebenarnya latar belakang saya menulis ini karena semakin maraknya variasi berita kriminal yang ada di media, jaman dahulu yang namanya kriminal itu adalah hal - hal yang berkaitan dengan fisik, seperti pembunuhan orang, pencurian harta benda di rumah, dan lain sebagainya. Tetapi saat ini sudah banyak variasi kriminal, terutama yang berhubungan dengan internet. Sebut saja pencurian uang nasabah dari bank akibat pembobolan akun elektronik nasabah di suatu bank. Selain itu ada yang namanya penipuan yang menggunakan media sosial atau biasa disebut social engineering. Ada lagi yang lebih sering adalah diperiksanya seseorang karena memasang pernyataan atau status yang tidak berkenan mengenai orang lain sehingga orang lain tersebut merasa terganggu dan melaporkan orang yang memasang status tersebut, hal yang belum ada bebarapa tahun yang lalu.

Menurut saya hal sepele dan sering terjadi adalah yang terakhir saya tuliskan tadi, yaitu tentang menuliskan pernyataan di dunia maya yang berakibat masuknya hal tersebut ke ranah kriminal. Tidak perlu melakukan kejahatan yang melibatkan keberanian tinggi serta rasa nekat yang besar lagi untuk bisa melakukan kejahatan, cukup dengan menuliskan pernyataan jelek di media sosial dan kita dengan mudah bisa dilaporkan ke pihak berwajib. Saat ini ada UU ITE yang mengatur tentang segala hal mengenai transaksi elektronik, termasuk pernyataan atau kata - kata yang ada di dunia maya. Kasus yang paling heboh adalah Prita dengan RS Omni Internasional, saat itu banyak netizen yang turun tangan untuk membantu Prita menghadapi kasus ini. Hanya karena menuliskan hal yang menjelekkan RS Omni, Prita bisa dituntut ke pengadilan, hal ini terjadi karena tulisan tersebut sudah tidak bersifat private lagi karena sudah terbaca oleh khalayak ramai.

sumber gambar: http://www.antarafoto.com/
Kata kunci dari hal ini adalah "khalayak ramai", maksud saya adalah jangan sampai hal - hal yang bersifat pribadi, apalagi yang menyinggung orang lain bisa diketahui oleh orang banyak, karena di dunia maya pun juga ada etika seperti dunia nyata. Saat ini banyak sekali orang yang menuliskan artikel dan status yang menyinggung orang lain, selama orang lain yang dituju tidak tersinggung dan tidak melaporkan ke pihak berwajib hal itu akan menjadi hal biasa, mungkin hanya akan terjadi permusuhan antar individu. Tetapi lain cerita ketika orang itu melaporkannya ke pihak berwajib, akan ada UU ITE yang menjadi dasar untuk menjerat penulis tersebut. Maka dari itu tidak selayaknya lah menuliskan hal - hal yang buruk di dunia maya, isilah dunia maya dengan hal - hal positif seperti motivasi dan cerita menginspirasi sehingga bukannya musuh yang kita dapat melainkan teman baik yang baru dan mendukung program internet sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge