29 November 2014

Semanggi Dempo: Makanan Legit Ini Cuma Ada di Surabaya


Wisata kuliner kali ini akan berkunjung ke sebuah tempat yang sedikit terpencil untuk mencari makanan yang sudah jarang ditemui, terpencil bukan karena di pelosok tetapi karena ada di daerah perumahan, bukan di samping jalan besar layaknya tempat makan lainnya. Nama makanan yang akan saya datangi kali ini adalah semanggi, anda yang dari luar Surabaya pasti tidak tau makanan yang satu ini karena memang hanya ada di Surabaya. Semanggi adalah makanan yang terbuat dari daun semanggi yang dikukus kemudian dilumuri oleh bumbu saus ketela yang diolah dengan kacang sehingga mirip dengan gado - gado tetapi dengan hanya satu varian sayuran yaitu sayur semanggi. Sebenarnya kita bisa menemukan penjual semanggi di taman yang ada di Surabaya saat car free day yaitu minggu pagi, yang saya tau ada di taman bungkul dan taman prestasi, atau untuk yang tinggal di daerah Surabaya biasanya penjual semanggi akan berkeliling kampung menjajakan dagangannya. Nah, kali ini saya akan mengunjungi semanggi yang agak premium, yaitu semanggi Dempo yang ada di Jalan Dempo nomor 19 Surabaya. Semanggi ini hanya bisa ditemui saat pagi sampai saja, yaitu pukul 9 pagi sampai sekitar jam 1 siang jika semangginya belum habis.







Jika anda tidak tau jalan dempo anda bisa mencari terlebih dahulu jalan Arjuna atau jalan Tidar kemudian bisa bertanya pada warga yang ada di sekitar situ atau bisa memanfaatkan google maps. Jangan kaget ketika masuk ke jalan Dempo ini adalah kawasan perumahan karena tempat makannya ada di daerah perumahan, bukanlah daerah komersial seperti layaknya tempat makan pada umumnya. Penjual semanggi di tempat ini tidaklah memiliki tempat sendiri, melainkan menumpang di teras depot bakwan dempo 19. Semanggi dempo sudah memiliki cabang di beberapa tempat seperti di Surabaya Barat, dari yang saya baca bahkan sudah memiliki stan di salah satu foodcourtnya, mungkin ini satu - satunya semanggi yang masuk mall. Rasa yang ditawarkan memang berbeda dengan semanggi yang ada di taman - taman maupun yang berkeliling di perkampungan karena bumbu nya lebih legit dan sayurnya lebih segar. Semanggi pasti disajikan dengan kerupuk puli karena akan menjadi sendok untuk memakan semanggi, tetapi disini kita akan disediakan sendok dan akan diberi 2 kerupuk puli. Konon katanya penjual semanggi disini sudah sampai 2 generasi, memang sudah lama sekali menjual semanggi. Harga 1 porsi semanggi dempo dipatok sebesar 12 ribu rupiah dan es teh manis yang dibeli di depot bakwan sebesar 3500 rupiah, cukup murah bukan.

5 komentar:

  1. ga ada yg mbahas tahu telor yaa maas ??
    hahaha... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini za tahu telor
      http://www.titofebrian.com/2013/05/kelompok-sc-trip-jonas-photo-dan-tahu.html

      Hapus
  2. semanggi mirip kaya lotek khas bandung, menurut gue kayanya enak tuh bikin ngiler, pengalaman gue klw mau cari rekomendasi makanan enak2 bisa loh liat disini http://bit.ly/1qXwAU3 

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya aku pernah makan lotek di bandung, kalo gak salah namanya lotek kalipah apo, hehehe
      oke thanks sarannya :D

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

badge