16 Desember 2014

Keunggulan SSD Dibandingkan dengan HDD


Sudah lama tidak menulis tentang teknologi membuat saya ingin menuliskan tentang teknologi kembali. Nah, saat ini yang sedang menjadi tren adalah mengganti harddisk bertipe HDD (Hard Disk Drive) menjadi harddisk bertipe SSD (Solid State Drive), terutama laptop lama yang telah uzur. Saya pertama kali mengenal SSD adalah ketika melihat brosur laptop yang tipis - tipis, dalam spesifikasinya selalu tertulis SSD dan hampir pasti kapasitas harddisknya sangat kecil, saat itu saya belum sadar bahwa SSD adalah media penyimpanan yang memang berbeda dengan harddisk konvensional yang telah lama beredar. Ciri - ciri dari laptop yang media penyimpanannya menggunakan SSD adalah selalu ada di laptop yang sangat tipis, kemudian memorinya yang kecil, kemudian harganya yang mahal, berbeda jauh dengan laptop yang menggunakan HDD dimana media penyimpanannya besar dan harganya terjangkau. Memang memori kecil dan harga yang lebih mahal ini sebanding dengan banyak kelebihan lain yang dimiliki oleh SSD, berikut adalah kelebihan - kelebihan dari SSD:


1. Waktu booting lebih cepat

Dengan teknologi terbaru yang tidak menggunakan piringan ini waktu yang digunakan oleh SSD lebih cepat dibandingkan HDD. Sebagai contoh SSD lebih cepat melakukan booting daripada HDD dengan tipe OS dan spesifikasi komputer yang sama, maka dari itu biasanya orang yang ingin menggunakan SSD tapi tidak punya cukup uang maka dia akan membeli SSD berukuran kecil yang hanya digunakan untuk drive C: yang berfungsi sebagai tempat install OS agar booting bisa berlangsung lebih cepat.
2. Tidak bising
HDD menggunakan piringan sehingga harus berputar dan menimbulkan suara bising yang agak mengganggu, nah teknologi SSD ini tidak menggunakan piringan sehingga tidak menimbulkan suara seperti layaknya flashdisk
3. Ukuran lebih ramping
Ukurannya yang kecil membuat SSD biasa digunakan pada laptop yang berukuran tipis, hal ini berkat tidak adanya piringan dan pembacanya yang ada pada HDD
4. Tahan Guncangan
Seperti layaknya flashdisk, SSD lebih tahan guncangan karena tidak ada rotasi dari piringan dan gerakan - gerakan yang sangat berpengaruh terhadap media penyimpanan.
Demikianlah review dari keunggulan SSD dibandingkan HDD, ramalan saya beberapa tahun lagi semua laptop akan menggunakan SSD dengan semakin murahnya harga SSD layaknya penurunan harga flashdisk yang sangat cepat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge