11 Desember 2014

Nasi Bebek Hitam Pak Sayeki: Bebek Hitam yang Sedap


Surabaya dan nasi bebek adalah keterkaitan yang cukup kuat. Jalan  - jalan ke Surabaya tanpa mencoba nasi bebeknya terasa tidak lengkap. Nasi bebek kaki lima sampai di restoran pun ada dan enak - enak, silahkan pilih pingin nyoba yang mana. Nah, kali ini saya akan mengunjungi sebuah tempat yang bertemakan merakyat karena ada di pinggir jalan, ya warung kaki lima gitu deh. Nama tempatnya adalah nasi bebek pak sayeki, biasanya orang - orang menyebutnya dengan bebek hitam pak sayeki karena memang bebeknya hampir berwarna hitam. Lokasi dari nasi bebek ini ada di jalan Dharmahusada Surabaya, berhubung kaki lima jadi ya gak ada nomornya, hehehe. Kalau mau kesini kamu harus cermat karena jika tidak maka akan terlewat begitu saja karena tidak terlihat. Patokan yang bisa dipakai adalah adanya indomaret setelah kantor IDI (Ikatan Dokter Indonesia), nah bebeknya tepat di samping Alfamart itu, lebih tepatnya di depan ruko - ruko. Saat saya makan waktu itu jam 4 sore sehingga pembeli tidak seramai ketika jam makan dan saya bisa duduk dengan tenang.






Kenapa bisa saya bersyukur bisa duduk? karena mejanya hanya 1 baris saja, mungkin hanya bisa ditempati 10 orang saja sehingga kebanyakan pembeli yang kesini datang untuk membungkus nasi bebeknya. Nah saya penasaran kenapa kok bebeknya bisa hitam, ternyata dari yang saya baca bebeknya dibakar terlebih dahulu sebelum diolah seperti biasa untuk menghilangkan lemak yang ada di bebek, bebek yang digunakan adalah bebek biasa saja, tidak muda agar rasanya lebih meresap. Ternyata bekas pembakaran itu menyebabkan warna hitam yang melekat di dagingnya, tapi malah warna hitam itu membuat rasanya lebih enak, entah karena apa. Saat saya makan ternyata memang rasanya enak, ditambah dengan sambal korek yang pedas membuat makan menjadi lebih nikmat. Dagingnya yang empuk menambah nilai plus dari bebek ini, ada bebek lain yang terkenal tetapi dagingnya alot itu mengurangi nilai buat saya karena saya tidak suka daging yang alot. Saya waktu itu membeli nasi bebek dan es teh dan bisa ditembus dengan harga 21 ribu rupiah, sepertinya harga nasi bebeknya 18 ribu dan es teh nya 3 ribu. Jadi nunggu apalagi untuk berkunjung kesini?

2 komentar:

  1. Setujuu, belum ke Surabaya kalau belum coba nasi bebek hitam nya TT
    Well aku makan bebek hitam yang enak itu deket klampis sana lo, tapi sekarang sudah digusur, gak tau pindah kemana *nangis di pojokan*

    Yang di sini enak gak? Worth to try gak? Soal kebersihannya meskipun kaki lima masih oke kan ya? *hahah sok higenis padahal biasanya pabalatak..

    aku suka banget nasi bebek, mau bebek item kek, bebek betutu kek, bebek sinjay kek.. aku suka semuanya TT Sayang gak bisa banyak - banyak, soalnya bikin kolesterol hahaha. Tapi kalau sekali - sekali saja boleh lah ya~

    BalasHapus
  2. Mantab jiwa pokoknya tuk bebek pak sayeki.. Mengingatkan bebek cak samsul.. Serupa dan serasa

    BalasHapus

badge