29 April 2015

Pantai Bama: Sejenak Terdengar Deburan Ombak Kecil dalam Baluran

Semester 6 sudah memasuki minggu - minggu akhir yang juga menandakan bahwa tugas - tugas yang super duper banyak dan susah mulai berdatangan. Nah, di tengah padatnya jadwal nugas ini saya dan teman - teman ISE menyempatkan untuk sejenak menikmati indahnya negara kita tercinta ini dengan mengunjungi daerah paling timur di Jawa Timur, yaitu Banyuwangi. Tujuan pertama yang kami datangi adalah Taman Nasional Baluran di Situbondo.  Kami sampai sekitar pukul 6 pagi setelah berangkat dari surabaya tepat tengah malam. Hujan gerimis menyambut kami saat masuk di pintu gerbang, setelah laporan ke pos jaga kami pun melanjutkan perjalanan. Jarak yang lumayan jauh ke pantai Bama dan harus dilewati dengan jalan tidak beraspal alias berbatu membuat waktu perjalanan ke dalam harus ditempuh dalam waktu yang cukup lama. Setelah hampir satu jam perjalanan sampailah kita di padang rumput yang menjadi daya tarik utama di Baluran. Cerita setengah menyebalkan dan lucu terjadi setelah ini.

Kami adalah rombongan pertama yang datang dan ada tempat parkir di dekat padang rumput sehingga saya beranggapan bahwa kendaraan harus parkir disini. Setelah tanya tentang letak pantai Bama kepada penjaga disana maka jalan kaki lah kami ke pantai Bama. Ternyata jarak nya lumayan jauh sehingga membuat kami kecapekan, tetapi karena masih pagi saya pun masih semangat saja untuk jalan terus. Tetapi hal zonk terjadi saat saya telah sampai terlebih dahulu di pantai Bama dan disana ada tempat parkir kendaraan yang sangat luas, menandakan bahwa kendaraan boleh sampai disini. Teman - teman yang sudah capai karena berjalan kaki pun tidak sanggup jika harus berjalan kaki lagi untuk kembali, akhirnya saya dan teman saya meminjam motor petugas yang ada disana untuk memanggil kendaraan kami untuk masuk ke dalam, maklum saja disini tidak ada sinyal sama sekali. Pantai nya sangat tenang dan cocok untuk bermain air sebenarnya, tetapi karena tujuan kami kesini adalah untuk melihat padang rumputnya maka hanya sebentar saja kami disini sembari sarapan dan kembali ke padang rumput. Tiket masuk ke dalam Baluran ini sebesar 15 ribu rupiah.