23 Juli 2015

Warung Mbak Ma: Nasi Goreng Incaran Pemudik di Kota Pasuruan


Pasuruan yang merupakan kota kecil adalah tujuan mudik dari perantau yang berbulan - bulan ada di kota besar, lebaran menjadi saat yang tepat untuk kembali ke kampung halaman, salah satunya Pasuruan. Nah, salah satu kuliner yang dicari oleh orang - orang yang sedang mudik di kota Pasuruan adalah warung mbak ma yang terletak di jalan Panglima Sudirman, lokasinya tepat di seberang lapas pasuruan, ada di halaman pepabri. Saya baru tau ada makanan ini saat sudah menginjak kuliah, padahal warung ini ada sejak saya belum lahir, ya gara - gara gak pernah diajakin kesini sama keluarga. Nah usut punya usut ternyata warung ini adalah favorit dari orang - orang sini, jadi kalo ngomong nasi goreng pasti dikasih saran ke warung mbak ma ini. Nah, biasanya saya membelinya dengan membungkus atau take away, sekarang saya berkesempatan mencicipi langsung di tempat berjualannya. Saat sampai sudah ada banyak kendaraan parkir, beberapa ada yang berasal dari luar kota, tebakan saya sih ini orang - orang yang lagi mudik. Tempatnya ternyata kecil sekali, bukan seperti warung makan pada umumnya, padahal sudah lama terkenal tetapi tidak berpindah tempat.







Jadi warungnya hanya menggunakan sebagian halaman pepabri dan hanya ada 2 meja untuk pengunjung, kalau gak kebagian tempat bisa lesehan di teras pepabri atau di trotoar depan halaman, tinggal pilih aja. Nah, disini kita bisa memilih beberapa menu makanan, antara lain nasi goreng, mie goreng, nasi goreng mawut, mie kuah, dan cap cay. Saya pesan dua porsi yaitu nasi goreng dan mie kuah, porsi disini terkenal sedikit jadi ya kalau terbiasa porsi kuli kayak saya tidak cukup sepertinya kalo hanya memesan satu porsi. Dari semua makanan disini, makanan yang paling menjadi favorit saya adalah nasi goreng seharga 12 ribu rupiah, rasa nasi gorengnya berbeda dengan nasi goreng yang lain. Biasanya nasi goreng standard kan, nah nasi goreng mbak ma ini menyajikan rasa yang berbeda, tetapi tetap saja nasi goreng paling enak menurut saya tetap nasi goreng kediri, enak banget. Soal rasa dari mie kuah ada rasa - rasa asin yang ada di kuahnya, biasanya kan sedap aja. Minuman disini tidak berbeda jauh dengan minuman yang ada di warung pada umumnya seperti es jeruk, es teh, jeruk hangat, dan teh hangat, harga es jeruk dan es teh sama lhoo, gak kayak di jakarta nih, selisihnya berkali lipat. Tunggu liputan kuliner kota Pasuruan ketiga dari saya ya, mungkin beberapa bulan lagi baru ada, hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge