06 September 2015

Pengalaman dan Tips Mencari Zenpower dan Mi Power Bank Asli


Akhir - akhir ini ada era baru dalam dunia teknologi. Jaman saat saya masih sekolah, ya waktu SMP sampai SMA, saya sangat sering bergota - ganti HP karena bosan. Jaman itu yang saya pikirkan adalah mencari HP yang sesuai dengan kantong saya dan sesuai dengan keinginan saya. Satu hal yang harus dipikirkan saat itu adalah dimanakah toko yang menjual HP itu dengan harga yang paling murah. Nah, saat ini hal itu sudah tidak bisa kita lakukan lagi, apalagi kalau kita sedang mencari barang yang sengaja dijual dengan metode penjualan tidak biasa di Indonesia, seperti contohnya Xiaomi dan Asus. Saat ini kita juga harus melihat distributor mana yang mengimpor karena HP teman saya tidak bisa diservice di tempat resmi Asus hanya gara - gara distributor HP Asus teman saya tidak terdaftar sebagai distributor resmi Asus, hal yang dahulu tidak saya pikirkan sama sekali. Kesulitan ini saya alami saat sedang mencari powerbank yang lagi hits saat ini, yaitu xiaomi dan zenpower yang konon diproduksi di pabrik yang sama. Isu berhembus di jagat maya dan nyata bahwa banyak barang palsu yang sangat mirip dari kedua produk ini, nah terus gimana saya bisa bedain mana asli mana palsu, hmm.

Saya pun datang ke plasa Marina yang merupakan pusat HP di Surabaya selain WTC. Setelah sampai saya pun masuk ke banyak toko dan bertanya tentang powerbank Asus dan Xiaomi ini. Berikut hasil penelusuran saya tentang powerbank Asus Zenpower. Jadi harga asli dari zenpower 9600 mAh di website resmi asus adalah 229.000 rupiah. Hasil pencarian saya di berbagai toko menunjukkan harga yang berbeda - beda dan yang pasti lebih mahal. Saya menemukan beberapa harga seperti 250 ribu, 300 ribu, sampai ada yang menjual 450 ribu, saya tidak paham kenapa harga bisa sedemikian bervarian padahal di level toko yang sama. Bahkan saat saya masuk ke salah satu toko yang mengatasnamakan toko nya Asus (petugasnya memakai baju Asus) dan setau saya ini bukan milih Asus tetapi milik perseorangan yang sengaja menjual seluruh produk Asus (mungkin sudah ada kontrak dengan Asus), harga zenpowernya adalah 350 ribu, selisihnya jauh sekali dengan harga resmi. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli di Erafone plasa Marina karena harganya sesuai dengan yang ada di website dan yang pasti zenpower nya asli karena Erafone merupakan toko yang telah memiliki nama besar di Indonesia. Kesimpulan saya tentang zenpower adalah saya belum menemukan adanya zenpower palsu yang dijual disini, hanya perbedaan antar toko terletak di harga yang bisa dua kali lipat mahalnya, jadi saran saya kalau temen - temen mau beli zenpower belinya di Erafone aja.

Lanjut ke xiaomi karena teman saya pinginnya yang kapasitas besar dimana Asus tidak memilikinya sehingga dia belinya powerbank Xiaomi. Pencarian powerbank Xiaomi ini lebih berat karena peredaran powerbank palsu dari merek ini sangat gencar sehingga harus sangat berhati - hati dalam membelinya. Hasil pencarian Xiamoi ini lebih menyempit karena banyak toko yang tidak mempunyai barangnya, jadi hanya ada beberapa toko saja yang menjual powerbank Xiaomi. Harga yang ditawarkan pun selisihnya tidak sampai dua kali lipat seperti zenpower sehingga yang harus dipikirkan adalah apakah barangnya asli atau tidak. Sebagai contoh teman saya berniat membeli powerbank Xiaomi 16.000 mAh, kalau di website resminya dihargai 325 ribu rupiah, tetapi di toko - toko plasa Marina dijual dengan harga 400 ribu. Sebanyak apapun kita mencari tetap saja harganya lebih mahal, tidak seperti zenpower yang menemukan harga sesuai dengan yang ada di website resmi, mungkin karena Asus mempunyai perwakilan resmi disini sedangkan Xiaomi masih belum sehingga harganya masih mengikuti harga pasar. 

Akhirnya teman saya membeli dengan harga lebih mahal tersebut, jangan lupa saat membeli melakukan cek terlebih dahulu di unit nya karena yang menjual bukan toko tenar seperti Erafone di paragraf sebelumnya. Biasanya kalo Xiaomi ciri - ciri yang asli adalah tulisan kapasitas di badan powerbank nya buram (kalau Zenpower malah yang asli itu tulisannya jelas), saat dicolokin ke HP langsung charge tanpa menekan tombol apapun, saat kabel dicolokin ke port input dan output tidak akan menghidupkan lampu indikator sisa baterai (kalau Zenpower tidak ada ciri seperti ini), dan yang pasti saat memasukkan kode yang ada di powerbank ke dalam website Xiaomi, kodenya memunculkan bahwa barang ini asli sebagai powerbank.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge