14 Oktober 2015

Kisah Kerja Praktik di Kantor Pusat Bank Indonesia


Sebenarnya sudah sangat lama saya pingin nulis pengalaman kerja praktik saya ini, tetapi gara - gara sakit di akhir kerja praktik dan saat sembuh sudah beraktivitas akhirnya lupa deh kalo belum nulis, hehehe. Jadi kalau di kampus saya semua mahasiswa harus menjalani kerja praktik selama 2 bulan, ada juga jurusan lain yang 1 bulan. Nah, saya yang emang pingin kerja di BI pun berinisiatif untuk mengajukan proposal kerja praktik di kantor pusat BI Jakarta, banyaknya teman saya yang mengajukan di BI membuat sedikit ketar - ketir, takut ditolak karena keterbatasan kuota. Setelah menunggu satu bulan akhirnya mendapat jawaban bahwa proposal saya diterima dan saya bisa kerja praktik di BI, asiik. Periode kerja praktik saya adalah 15 Juni-15 Agustus 2015, 2 bulan merasakan kerasnya hidup di ibukota. Saya tinggal di kost daerah kampung bali, emang daerah ini banyak berdiri kost karena ada di belakang tingginya gedung - gedung perkantoran jalan Thamrin Jakarta. Jadi beruntungnya saya bisa kerja praktik disini ya aksesnya sangat mudah untuk kemana - mana, dari tempat kost saya tinggal jalan kaki 10 menit buat ke Sarinah, jalan kaki 20 menit sudah sampai Monas, jalan kaki 10 menit sudah sampai di pasar tanah abang, enak kan. Jam kerja saya setiap hari adalah jam 7 pagi sampai jam 4 sore, tetapi emang kayaknya orang sini itu suka kerja kali ya jadi jam 5 sore gitu masih betah di kantor, saya jadi sungkan sendiri mau pulang jam 4 jadi akhirnya ikutan pulang jam 5.











Saya ditempatkan di Departemen Pengelolaan Sistem Informasi yang ada di gedung Tipikal lantai 4-6, jadi BI itu terdiri dari banyak gedung dengan gedung utamanya yang kembar ada di depan, tapi saya bukan disitu tetapi di belakangnya. Saya masuk divisi pengembangan dan pemeliharaan aplikasi bidang moneter, namanya aja susah dicerna ya. Jadi tugas dari divisi tempat saya bernaung adalah menerima permintaan dari departemen lain yang membutuhkan aplikasi yang berhubungan dengan moneter, jadi misalnya ada pembuatan aplikasi pelaporan keuangan dari bank dan lembaga keuangan yang harus disetorkan ke BI, dahulu manual tetapi akan dibuat websitenya sehingga bisa langsung diupload melalui website. Kalo dilihat dari budaya berteman sih kalo di BI divisi itu ibarat jurusan kalo di kampus saya, jadi orang - orang bakal deketnya sama yang satu divisi, kalo sama satu departemen itu kayak fakultas jadi ada yang deket dan ada yang enggak. Sesuai dengan ekspektasi saya, disini banyak sekali alumni UI yang mengisi posisi bagus, ya maklum lah ya jas kuning emang keren, tapi bentar lagi kampus saya juga bakal mengisi posisi - posisi tersebut kok, amin. Kerjaan saya disini adalah membantu membuatkan dokumentasi dari fitur - fitur yang ada di salah satu proyek pembuatan aplikasi. Ohya satu lagi, lokasi kost saya ini dijadikan tempat syuting sinetron Tukang Ojek Pengkolan, jadi tiap hari saya pulang kerja melihat proses syuting disini, sayangnya gak diajak buat syuting, hehehe.

4 komentar:

  1. Halooo.. sy juga bakal praktik kerja lapangan di BI pusat nih bulan Julia 2016. Boleh info kosan untuk putri di daerah BI gak? Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak pilihan untuk kos di daerah sini, tergantung budget juga. Kalau ingin jalan kaki ke BI cari kos di daerah kampung bali aja, harganya sangat bervariasi :)

      Hapus
  2. Halooo.. sy juga bakal praktik kerja lapangan di BI pusat nih bulan Julia 2016. Boleh info kosan untuk putri di daerah BI gak? Terima kasih..

    BalasHapus

badge