17 Desember 2015

Kesempatan Membuka Kesempitan


Saya percaya kesempatan dapat membawa kita mencapai lebih dari yang kita bisa. Hidup di dunia ini penuh dengan keputusan - keputusan mulai dari yang berat sampai yang ringan. Ditengah pengambilan keputusan pasti ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, salah satunya kesempatan yang ada jika memilih salah satu keputusan. Ada dua macam kesempatan, kesempatan yang ada dan kesempatan yang datang. Kesempatan yang ada membutuhkan effort lebih untuk mendapatkannya, menurut saya setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda mengenai kesempatan yang ada ini, dalam sebuah kesempatan yang sama ada banyak pendapat mulai dari yang menganggapnya bukan kesempatan sampai yang menganggapnya kesempatan yang harus diambil. Nah, jenis kesempatan yang kedua adalah kesempatan yang datang, menurut saya jenis kesempatan inilah yang harus diambil. Kesempatan yang datang adalah sebuah amanah yang diberikan kepada kita untuk menjalankan sesuatu, amanah harus dijalankan dengan sangat baik agar kita dapat memuaskan pemberi amanah. Mengapa harus diambil? Karena jika kita tidak mengambil amanah tersebut pasti ada pihak lain yang merasa dirugikan, tidak selalu secara langsung.

Contoh kecil dalam kesempatan yang datang adalah kita diberikan rezeki yang berlebih dibandingkan dengan orang di sekitar kita. Jika kita tidak mengambil kesempatan ini maka rezeki tersebut hanya akan dipakai untuk kepentingan diri sendiri. Bayangkan jika kita mengambil kesempatan tersebut maka bukan hanya kita saja yang bahagia, melainkan orang lain juga akan merasakan kebahagiaan. Betapa senangnya masyarakat tidak mampu secara finansial ketika tahu bahwa dirinya diberikan kesempatan menunaikan Ibadah Haji gratis berkat bantuan orang yang mampu, betapa senangnya orang yang tidak mampu secara finansial mendapatkan pakaian yang layak untuk pergi beribadah ke masjid. Contoh dalam hal lain adalah kesempatan yang datang ketika kita diberikan amanah untuk memimpin atau menjalankan sesuatu tanpa kita harus meminta. Jika kita menjalankannya dengan sungguh - sungguh maka tidak hanya kita yang akan mendapatkan manfaatnya tetapi juga orang - orang yang telah memberikan amanah tersebut, apalagi kalau amanah tersebut dapat dijalankan dengan baik. Sadar tidak sadar dengan memanfaatkan kesempatan yang datang ini maka kita akan membuka kesempitan yang datang kepada kita. Jika berbicara masalah rezeki, sesuai dengan ajaran yang saya tahu bahwa tidak ada ceritanya orang memberikan rezekinya kepada orang tidak mampu menjadi habis hartanya, maka kita telah membuka pintu rezeki bagi diri kita dan orang lain. 

Begitu pula dengan kesempatan dalam mengemban amanah, kita membuka kesempitan rasa malas dalam menjalankan sesuatu, kemampuan kita juga akan meningkat, relasi kita bertambah, dan masa depan kita lebih terjamin daripada kita tidak mengambil kesempatan tersebut. Kesempatan juga akan menutupi kekurangan yang kita miliki. Ambillah kesempatan yang tidak dilihat oleh orang lain maka kemampuanmu yang seharusnya ada di bawah orang tersebut tidak akan berpengaruh terhadap pencapaian yang akan kamu dapatkan. Kesempatan merupakan cara cerdik untuk bisa menjadi lebih baik dengan kemampuan kita yang terbatas. Dengan mengambil kesempatan maka kita akan mendapatkan hal - hal yang tidak pernah kita duga sebelumnya, hal - hal mengejutkan yang akan mengantarkan kita dalam pengalaman luar biasa dalam sisa hidup kita di dunia ini. Maka dari itu jangan sia - siakan kesempatan yang datang, abdikanlah hidupmu untuk orang yang membutuhkan maka kebahagiaan akan selalu ada untukmu.

Sumber gambar: http://mchr.com.au/wp-content/uploads/2015/01/biz-opportunity.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge