07 Desember 2015

Soto Tapak Siring: Soto Daging Paling Mantab di Surabaya


Tema kuliner kali ini adalah kuliner wajib kota Surabaya. Jadi seperti yang telah saya tuliskan pada beberapa post yang lalu, kuliner wajib kota Surabaya ini adalah makanan yang telah berdiri lama dan menjadi langganan masyarakat kota Surabaya, jadi ya terkenal di berbagai kalangan. Nama tempat ini adalah soto Tapak Siring yang terletak di jalan Dharmahusada 14, Surabaya. Jadi lokasinya tidak jauh dari FK Unair, mengarah ke timur. Sebenarnya sudah sejak lama saya mendengar tempat ini dari teman - teman, katanya sih enak, tapi baru sekarang berkesempatan datang kesini. Beruntungnya saya datang bukan saat jam makan sehingga tidak terlalu ramai, itu juga saran dari saya buat kamu yang mau datang kesini. Disini hanya menyediakan soto daging saja, tidak ada soto ayam, perlu dicatat ya. Seperti warung yang sudah lama berdiri lainnya, bangunan soto Tapak Siring ini tampak sudah kusam dan tua, tetapi tidak menyurutkan antusiasme pengunjung untuk menikmati lezatnya soto daging disini.






Jika kamu gak suka jeroan sapi maka jangan lupa bilang ke penjual bahwa sotonya cuma daging aja gak pake jeroan, saya termasuk yang bilang ke penjual itu. Saat memesan saya sekaligus melihat rombong tempat penjual mengolah soto di bagian depan tempat makan, saya terkejut dengan panci yang sangat tinggi, mirip cerobong asap, bayangkan ada berapa banyak daging sapi yang ada di dalam panci super besar itu. Tidak lama menunggu soto pun sudah tersaji di atas meja dan harumnya kuah yang panas membuat perut yang lapar ini ingin segera menyantapnya. Jangan bingung untuk mencari nasi ya karena nasinya ada di bungkusan daun kelapa yang sudah tersedia di masing - masing meja, membuat saya ingat Coto Makassar. Porsi yang sedikit dari satu bungkus nasi ini membuat saya mengambil tiga bungkus, hehehe. Setelah mencampur nasi dengan soto, saya pun mulai menikmati soto ini. Tidak heran kalo soto ini begitu terkenal, rasanya enak banget, kuahnya punya citarasa tersendiri yang tidak dimiliki oleh soto daging di tempat lain. Bahkan saya sampai menghabiskan seluruh kuah di mangkok saya karena enak banget. Saya tidak tau harga satu porsi soto disini karena tidak dituliskan, tetapi saya beli satu porsi soto, tiga bungkus nasi, dan satu gelas es teh, habisnya 37 ribu rupiah.

4 komentar:

  1. Ini kayaknya yang cabangnya. Yang aslinya di Jalan Tapak Siring. Itungannya masih deket dari situ

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi juga, tapi yang saya kunjungi ini bangunannya udah lama banget, terus di liputan media juga berkunjungnya ke tempat ini. Apa mungkin sudah lama pindah ya? tidak tau juga hehehe

      Hapus
  2. itu bukan cabangya
    beda, itu soto di jalan tapak siring
    klo yg ini soto tapak siring

    BalasHapus

badge