03 Desember 2015

Tips Membeli Iphone dan Macbook Pro


Beberapa bulan terakhir saya mengamati penjualan produk Apple yang ada di Indonesia karena saya mau membeli jadi ya harus tau dulu biar tidak tertipu atau kemahalan. Ternyata penjualan produk Apple di Indonesia ini cukup unik karena berbeda dengan produk yang lain, semua produk Apple ini murni impor dan ada beberapa importir resmi membelinya. Hal ini dapat disandingkan dengan mobil Lamborghini yang juga murni impor dan ada importir resmi membelinya, model bisnis yang sama. Nah, hal ini membuat membeli produk Apple tidak sesederhana membeli produk lain seperti Samsung atau Sony. Padahal setahu saya Samsung, Sony, dan banyak merek yang lain juga impor. Hipotesa saya hal ini terjadi karena tidak ada perwakilan Apple di Indonesia sedangkan Samsung, Sony, dan banyak merek yang lain sudah memiliki perwakilan di Indonesia sehingga harganya tidak berbeda jauh dengan yang ada di luar. Lho apa maksudnya berbeda jauh? mari lanjutkan membaca ke paragraf selanjutnya.






Ada beberapa toko resmi yang menjual produk Apple seperti Ibox dan Infinite. Sebelum saya memperhatikan penjualan produk Apple, saya menganggap harga disini sama seperti harga di konter HP biasa. Tetapi ternyata anggapan saya salah besar setelah saya iseng membuka website Apple Singapore yang menyantumkan harga jual. Sebagai contoh saja, Iphone 6 disana dijual dengan harga 888 SGD, jika di rupiahkan maka hasilnya sekitar 8,7 juta IDR. Nah, kemarin saya iseng ke Ibox dan Infinite dan melihat harga iphone 6 dijual seharga 11,3 juta IDR, perbedaan yang cukup fantastis. Contoh lain adalah Macbook Pro retina display 13" eary 2015 dengan spek paling rendah harganya 1688 SGD atau kalau dikonversi ke rupiah jadi 16,5 juta IDR. Padahal saya melihat produk yang sama di Inbox dan Infinite harganya sekitar 19,3 juta IDR. Hal ini membuat saya penasaran bagaimana harganya bisa semahal itu dan apakah ada harga yang murah? Ternyata penelusuran saya membuat saya tahu bahwa banyak toko yang menjual dengan harga mirip dengan harga singapore, contoh saja iphone 6s 16 GB di Apple Store Singapore dijual dengan harga 1048 SGD atau sekitar 10,3 juta IDR, disini saya dapet toko yang menjual dengan harga 11,3 juta IDR. Iphone 6 dengan harga 9,5 juta IDR dan MacBook Pro dengan harga 17,2 juta IDR.



Lalu pertanyaan selanjutnya bagaimana cara mengetahui mana toko yang menjual dengan harga mirip Apple Singapore tetapi terpecaya? Ilmu kepo dibutuhkan disini. Pastikan toko tempat anda beli ini memiliki link yang sering pergi ke Singapore sehingga jika terjadi sesuatu dengan produk Apple anda maka pihak toko dapat dengan mudah mengirimkan barang anda ke Apple store singapore. Anda hanya perlu membiayai biaya paket kiriman ke singapore dan tidak perlu pakai biaya service karena barang anda akan langsung diganti baru jika ke Apple store, enak kan. Jadi bayangkan saja dengan harga 17,2 juta IDR (MacBook Pro) dan 9,5 juta IDR (Iphone 6), anda bisa mendapatkan barang yang sama persis dimana harganya 19,2 juta IDR  (MacBook Pro)dan 11,3 juta IDR (Iphone 6) di Inbox dan Infinite, padahal tidak ada perbedaan masalah after sales karena sama - sama barangnya dikirimkan ke Singapore. Jadi semua tergantung kebutuhan anda, jika anda tidak mau repot - repot kepo sana - sini untuk mencari penjual yang terpercaya, ya sudah beli di Ibox dan Infinite saja karena anda terima jadi, selisih 2 juta tidak masalah buat anda. Tetapi buat anda yang menganggap 2 juta itu sangat berharga, maka bersiaplah kepo - kepo dan semoga hasil kepo nya berhasil.

10 komentar:

  1. Balasan
    1. hasil untuk apa ya? kalau untuk yang dibeli saya jadinya beli di toko terpercaya karena harganya lebih murah :)

      Hapus
  2. iya gan saya buka juga sih di apple.com/sg itu terpercvaya atau gak ya dan belinya kirim ke indonesianya gimana ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling enak sih nitip temen yang lagi disana gan, hehehe

      Hapus
  3. lo kasi tau aj tokonyaaa, pleit amtttt

    BalasHapus
  4. Saya lg di singapore gan, ada toko yg rekomen ga buat beli macbook?

    BalasHapus
  5. Saya lg di singapore gan, ada toko yg rekomen ga buat beli macbook?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya langsung ke apple store aja pasti lebih murah

      Hapus
  6. Punya rekomendasi toko yang terpercaya di Indonesia gan? Maksudnya diluar reseller resminya. Trims.

    BalasHapus
  7. Punya rekomendasi toko yang terpercaya di Indonesia gan? Maksudnya diluar reseller resminya. Trims.

    BalasHapus

badge