29 Desember 2016

Rawon Nguling: Makanan Khas Lokal Langganan Mantan Presiden


Waktu saya belum SMA, sering sekali saya ke Jember, paling tidak setahun atau dua tahun sekali. Setiap ke Jember pula saya selalu melewati tempat makan ini tetapi sama sekali tidak pernah mampir kesini. Ya mungkin karena hanya menyediakan sedikit jenis makanan yang membuat orang tua saya waktu itu tidak pernah mengajak mampir kesini. Nah sewaktu perjalanan pulang dari Jember kemarin saya penasaran terhadap tempat makan ini karena sudah minimal 2 kali dikunjungi oleh mantan presiden yang waktu itu masih menjabat, keren juga ya. Nama tempat makan ini adalah Rawon Nguling yang terletak di jalan raya Tambakrejo nomor 75, Probolinggo. Lokasinya tepat di perbatasan antara kabupaten Probolinggo dan kabupaten Pasuruan. Saat saya datang emang pengunjungnya banyak banget tapi masih bisa dapat tempat duduk kok. Hanya ada beberapa menu makanan yang dijual disini, dengan sajian utama tentu saja rawon.





Sebenarnya selain rawon disini juga menyediakan nasi pecel, soto, lodeh, gule kambing, sop, campur, kare ayam, krengsengan, semur daging, sayur asem, garingan, dan sambal goreng ati. Berhubung dulu pak mantan presiden pesan rawon jadilah saya juga pesan rawon. Minuman disini juga lumayan beragam, ada teh botol, es sinom, es sirup, es campur, es dawet, es sogem, es susu, es teh, es jeruk, kopi, dan STM. Sudah lama banget saya gak minum sogem (seingat saya hanya warung - warung di daerah Pasuruan Probolinggo yang jual sogem), jadilah saya pesan sogem. Tidak lama menunggu pesanan pun datang, berhubung panas banget kuahnya jadi saya aduk - aduk dulu sampai hangat. Daging yang ada di dalam rawon ada yang kenyal - kenyal, jadilah daging kenyal tersebut saya kasihkan papa saya, saya gak doyan daging (apapun) yang kenyal. Rasanya emang enak sih, tapi menurut saya masih lebih enak rawon di jalan embong malang surabaya, terbaik lah itu. Satu porsi rawon dihargai 25 ribu rupiah, harga rawon terkenal di daerah sini emang rata - rata segitu. Silahkan dicoba jika ingin mencicipi apa yang disantap oleh pak mantan presiden terdahulu, selamat mencoba.
Read more!

Club Roppang: Tempat Nongkrong Nyaman di Tengah Kota Jember


Libur panjang akhir pekan kemarin saya gunakan untuk mengunjungi kediaman nenek saya di Jember. Saya terakhir ke Jember sekitar 4 tahun yang lalu, dan ketika saya datang lagi kali ini tidak banyak berubah sih. Akhir - akhir ini saya juga sering lihat tempat kuliner baru yang ada di Jember. Nah, kali ini saya diajakin temen - temen saya ke tempat yang bernama Club Roppang, letaknya di jalan PB. Sudirman nomor 48A, persis di depan rumah sakit DKT. Lokasi ini sangat strategis karena dekat dengan alun - alun dan rumah kakek nenek saya, hehehe. Tidak ada tempat parkir khusus disini jadi kalo bawa mobil ya terpaksa parkir di pinggir jalan. Area pengunjung disini tidak terlalu besar, ada bagian merokok di depan, kalo mau yang sejuk pengunjung bisa memilih di bagian dalam yang ber AC. Saat datang kita harus mengambil menu terlebih dahulu di bagian kasir yang terletak di depan bangunan. Kalo sudah hafal bisa langsung pesan tapi kalo masih ingin pilih - pilih menu boleh dibawa ke meja.














Konsep interior yang diusung anak muda banget, dinding dengan beberapa gambar, bahkan ada gambar mangkok dengan ayam yang melegenda itu. 2 Makanan utama yang ada disini adalah roti panggang dan indomie/samyang, tapi dengan banyak varian yang bisa kita pilih. Contohnya saja untuk roti panggang kita bisa memilih mulai dari oreo, mentega gula, strawberry, cokelat, green tea, sampai ovomaltine. Harganya mulai dari 10 ribu hingga ada yang 32 ribu (paling mahal tentunya varian yang berisi daging). Makanan kategori kedua adalah indomie/samyang, tinggal pilih mau yang biasa tinggal pesan indomie, kalo mau yang pedas tinggal pilih samyang. 3 menu spesial dari indomie ada indomie lengket yang berisi mozarella, indomie club roppang yang berisi smoke beef dengan rasa creamy, serta indomie kuah susu dengan kisaran harga 14-20 ribuan. Untuk minuman bisa pilih aneka kopi, aneka soda, dan aneka latte, harganya juga terjangkau mulai dari dibawah 10 ribu sampai hampir 20 ribu. Setelah makanan datang hal pertama yang bikin saya kaget adalah mangkoknya berlogo indomie, Baru kali ini saya makan di mangkok berlogo indomie, keren juga ya. Rasa dari makanan dan minumannya enak kok, mantap abis lah buat nongkrong - nongkrong.
Read more!

18 Desember 2016

Kedai Pak Cik Abin: Nikmati Kuliner Aceh di Kota Malang


Wisata kuliner saya kali ini kembali ke kota yang memang surganya kuliner, yaitu Malang. Sebenarnya saya udah lama banget pingin kesini, semenjak pernah merasakan makanan jenis yang sama di Jakarta dan itu enak banget jadi pingin coba makanan jenis ini di kota - kota lain. Nama tempat makan ini adalah Kedai Pak Cik Abin yang terletak di jalan Papa Hijau nomor 1 Malang, ada di kawasan pemukiman dan sekolah, bukan di pinggir jalan besar gitu. Begitu sampai ternyata tempatnya cukup luas dan bisa menampung banyak orang, waktu saya dateng pun kondisinya juga cukup ramai. Konsep tempat makannya semi terbuka jadi tidak ada batas tembok atau kaca antara tempat makan dan tempat parkir, untung ini di Malang, coba kalo di Surabaya udah penuh dengan nyamuk dah, hehehe. Kedai ini menyediakan beberapa menu unggulan yang tentunya sangat menggoda, menu paling diunggulkan adalah mie aceh.










Sepertinya mie aceh menjadi unggulan di seluruh kedai makan masakan aceh karena beberapa kali saya ke kedai masakan aceh yg menjadi andalan selalu mie. Kedai Pak Cik Abin ini menyediakan beberapa makanan selain menu unggulan mie aceh yg bisa dinikmati rebus atau goreng. Menu lain diantaranya mie aceh kepiting, mie kak ros, mie laksa, kwetiau goreng sapi, dan nasi lemak. Aneka nasi goreng juga disediakan disini mulai dari teri medan hingga tuna. Ada juga gulai kepala kakap dan soto medan. Selain makanan berat disini juga menyediakan makanan ringan seperti roti panggang aneka rasa dan varian hingga roti maryam aneka rasa dan varian juga. Minuman juga tidak kalah menarik, salah satu minuman unggulan disini adalah teh tarik hangat, rasanya nendang banget. selain itu juga ada teh tarik bubble ice kacang merah dan janggung jika ingin menikmati varian lain dari teh tarik. Buat pecinta kopi disini juga menyediakan aneka kopi khas dari daerah aceh. Buat kamu yang mencari kuliner aceh di malang atau rindu akan kuliner khas sana, boleh lah mampir kesini, dari segi rasa menurut saya lumayan enak kok.
Read more!

03 Desember 2016

Makmu: Foodcourt Kece di Sisi Timur Surabaya


Wisata kuliner kali ini akan mengunjungi sebuah tempat yang lumayan baru di kota Surabaya. Rupanya dua tempat kuliner terakhir yg saya kunjungi memiliki ciri - ciri yang sama, apa emang lagi hits ya? Jadi kedua tempat ini sama - sama berbentuk food court, kemudian interior dari food court ini mengusung tema yg unik, seperti ke bangunan tradisional gitu lah, kedua tempat ini juga rame banget. Nah, nama food court hits kedua yang saya kunjungi kali ini adalah Makmu yang terletak di jalan Merr nomor M32, jadi di jalan Merr yg paling ujung di dekat gunung anyar. Waktu saya datang siang hari suasananya begitu ramai dan untungnya masih dapet tempat duduk. Kita bisa memilih beberapa jenis ruangan mulai dari ruangan indoor yg ber AC, ruangan outdoor dekat penjual makanan, hingga lantai 2 untuk ngelihat pemandangan jalanan. Berhubung saya kehabisan ruangan ber AC jadilah duduk di ruang outdoor. Sistem pembayaran di foodcourt seperti ini relatif sama, yaitu memesan di stan - stan makanan, kemudian membayar ke kasir (biasanya minuman juga ada di kasir), setelah itu kita akan mendapatkan nomor meja.








Pilihan makanan yg ada di food court ini cukup beragam, tetapi secara umum lebih ke masakan Indonesia. Beberapa makanan yg ada disini adalah masakan padang, aneka nasi goreng dan mie goreng, aneka jajanan gorengan, makanan madura, roti bakar, sosis bakar, dan lain sebagainya. Minuman disini pun juga bervariasi mulai dari es teh es jeruk sampai milkshake. Saya sendiri memesan rendang seharga 20 ribuan dan sosis bakar dengan harga yang sama sebagai makan siang saya. Tidak lama menunggu makanan pun datang, saya yg udah kelaparan mulai menyantap nasi padang yang ada di depan saya. Mungkin karena saya terbiasa makan nasi padang di dekat kosan yang murah dan enak, nasi padang disini terasa biasa aja, porsi sedikit, mahal lagi, hehehe. Sosis yang saya pesan juga lumayan enak, tapi rada mahal sih dengan harga segitu dan ukuran yang tidak terlalu besar. Hal utama yang menjadi daya tarik utama untuk datang kesini adalah nuansa enak dan bisa untuk foto - foto jadi ya rame banget deh. Buat yang rumahnya di gunung anyar bisa dicoba nih.
Read more!

08 November 2016

Tanda - Tanda Restoran Sushi

Saat ini makanan Jepang sangat digemari di kota - kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Namun karena bahan baku sushi didominasi oleh ikan mentah, penting untuk memilih restoran sushi yang terbaik. sebab, kalau salah pilih bisa - bisa anda mengalami masalah pencernaan akibat infeksi bakteri. Berikut adalah 7 tips untuk memilih restoran sushi:

1. Yang pertama dan utama, pilihlah restoran sushi dengan reputasi baik. Sebagai catatan, semakin banyak pengunjung dari Jepang yang makan di restoran tersebut maka artinya kualitas sushinya semakin baik. Hal ini dikarenakan orang Jepang yang selalu mengutamakan kualitas.
2. Perhatikan sushi yang disajikan:

  • Maguro: Cek porsi dan potongannya. Maguro terbaik adalah ketika rasa tuna lebih dominan daripada nasi
  • Saba: Karena saba adalah ikan yang murah dan cepat basi, maka jika tidak diproses dengan benar akan berbau amis
  • Unagi: Penyajian unagi terbaik seharusnya akan benar - benar terasa meleleh di mulut anda dan anda tidak akan merasakan kulitnya sama sekali
  • Uni: Perhatikan warnanya. Uni terbaik seharusnya berwarna kuning terang dengan tekstur yang padat
  • Telur: Ini mungkin terdengar aneh, namun setiap koki sushi yang handal harus bisa membuat telur yang manis, halus, dan lembut karena rasa telur seharusnya tidak sama dengan yang biasa dinikmati sehari - hari
3. Sushi tidak hanya soal rasa, tapi juga aroma. Jika anda makan di daerah yang jauh dari daerah pantai kemungkinan anda tidak mendapat bahan - bahan makanan paling segar akan semakin besar. Ikan yang segar akan memiliki aroma laut yang kuat, sementara ikan yang sudah tidak segar akan beraroma amis.
4. Seperti kata Anthony Bourdain dalam bukunya Kitchen Confidential, "Hindari penawaran makan sushi di hari Minggu atau Senin". Penjelasannya cukup sederhana. Sushi seharusnya disajikan dalam keadaan sesegar mungkin. Sementara itu, tidak banyak nelayan yang menangkap ikan pada akhir pekan. Artinya, jika anda membeli sushi di hari Senin maka biasanya bahan - bahan yang disajikan sudah berusia empat sampai lima hari.
5. Pilihlah kedai sushi berukuran kecil dengan langit - langit ruangan yang rendah. Tempat - tempat sushi terbaik biasanya memiliki kedai yang sangat kecil dengan tempat duduk kurang dari 12 kursi. Di kedai - kedai sushi berukuran besar, aroma sushi akan lebih cepat hilang. Sementera dengan ruangan yang kecil, aroma asli sushi yang disajikan akan lebih tahan lama.
6. Perhatikan gerakan tubuh dari sang koki. Koki terbaik membuat sushi dengan ritme tertentu. Sushi adalah makanan yang membutuhkan perhatian dan penyajian khusus, maka bagaimana cara mengolah bahan - bahan makanan hingga cara memotongnya menjadi hal yang penting.
7. Terakhir, jadilah pelanggan tetap di restoran sushi favorit anda. Pengunjung tetap akan mendapatkan sushi yang lebih baik serta pelayanan yang secara keseluruhan juga lebih baik daripada pelanggan biasa.
Read more!

30 Oktober 2016

Kakkk, Ayam Geprek: Sedapnya Makan Ayam Tanpa Perlu Disuwir


Rupanya jenis makanan ini menjadi tempat jujukan baru yang digandrungi oleh orang - orang di Surabaya, setidaknya sudah menemukan 2 kedai beda kepemilikan yang menjual ayam geprek dan keduanya laris banget. Nah, pada kesempatan kali ini saya mengunjungi sebuah tempat makan bernama Kakkk Ayam Geprek yang terletak di jalan Dharmawangsa nomor 115, Surabaya. Sebenarnya saya udah lama sih tau ada tempat makan ini tapi dari dulu belum sempet untuk mampir kesini. Kebetulan abis nganter adik ke tempat deket sini jadi sekalian aja deh cobain. Setelah masuk tempatnya ternyata tidak terlalu besar, bisa dibayangkan kalo lagi ramai banget banyak yg gak dapet tempat duduk dong. Lokasi yang terbuka membuat tempat ini hanya menggunakan kipas angin dan tanpa AC, lumayan terasa panas sih. Menu yang dapat dipesan saat makan di tempat dan dibawa pulang agak berbeda karena jika makan di tempat kita bisa memilih paket - paket yang membuat harganya lebih murah.





Berbeda jika pembeli akan membawa pulang pesanannya maka tidak berlaku paket - paket tersebut dan harus dibeli sendiri - sendiri. Beberapa paket menarik yang ada adalah ayam geprek (dada/paha atas)+nasi+sop dibanderol dengan harga 18 ribu rupiah, padahal kalau beli sendiri - sendiri untuk ketiga item tersebut kita harus merogoh kocek sebesar 25 ribu rupiah, jauh banget ya harganya. Selain paket yang saya sebutkan barusan, ada 3 paket lain yang dapat dipesan oleh pengunjung, kalau saya sih pesannya paket yg tadi saya ulas. Jika ingin menambah lalapan terong bisa dengan menambah uang 4 ribu rupiah, kalau pete goreng 5 ribu rupiah. Minuman yang disediakan disini juga cukup beragam, mulai dari yang paling umum seperti jeruk dan teh hingga yang jarang ditemuin seperti es lidah buaya. Disini juga menyediakan aneka jus buah dan aneka es campur. Tidak lama menunggu makanan pun datang dan kami siap menyantap. Rasanya emang nendang, bumbunya pas dan lengket di lidah sehingga sampai saya menulis artikel ini pun rasanya masih terasa di lidah, hehehe. Ayam yang disediakan juga lumayan banyak, bahkan adik saya yang biasanya bisa menghabiskan jika makan lalapan biasa aja sampai gak habis. Buat yang lagi di daerah sini boleh lah silahkan mampir, kalo pingin tau jam bukanya lihat aja di go food, kalau tutup pasti ditulis disitu. Selamat mencoba!
Read more!

28 Oktober 2016

Waktunya Muda Berkarya dengan Teknologi


Ingatkah kamu tanggal saat artikel ini ditulis itu adalah tanggal yang sangat spesial terutama untuk anak - anak muda Indonesia? Kalau kamu lupa sebaiknya buka kembali buku RPUL atau buku sejarah saat SMA atau SMP dulu, bahkan Google doodle pun tidak lupa untuk ikut serta merayakannya juga lho hari ini. Tanggal 28 Oktober selalu diingat sebagai hari Sumpah Pemuda dimana 88 tahun anak - anak muda Indonesia kala itu mendeklarasikan sumpah pemuda yang berhasil menggerakkan hati nurani seluruh rakyat Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan. Anak muda Indonesia turut andil dalam kemerdekaan Indonesia, bahkan yang menculik founding father Indonesia dulu untuk mendesak proklamasi kemerdekaan juga anak - anak muda lho. Bisa dibayangkan tanpa anak muda bagaimana nasib Indonesia saat ini. Soekarno juga pernah berkata "beri aku 1000 orang tua akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia". Begitu dahsyatnya dampak dari anak - anak muda membuat seorang Soekarno mengucapkan kata - kata yang sangat menggugah tersebut.

Peran anak muda tidak hanya besar di masa lalu tetapi juga masa kini, hanya saja saat ini lebih banyak anak muda yang sudah hidup enak dan tidak mau berjuang demi bangsanya daripada anak muda yang masih memikirkan nasib 250 juta orang rakyat Indonesia. Bisa dibayangkan sedikit anak muda yang ikut memikirkan bangsa saja dampaknya saat ini sudah lumayan besar, apalagi kalo mayoritas anak muda Indonesia memikirkan bangsanya? Saya yakin Indonesia bakal jadi negara paling ditakuti di dunia. Mengapa saat ini anak muda banyak yang sudah tidak ikut memikirkan bangsanya? karena tingkat individualis semakin tinggi dan yang dipikirkan hanya memikirkan kekayaan sendiri. Selain itu nyali anak - anak muda sekarang itu tidak sebesar anak - anak muda dulu yang bahkan tidak takut nyawa-nya tercabut demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Kalau sekarang? jangankan nyawa, membayangkan berjuang dan hidup tidak bergelimang harta saja sudah takut sehingga tidak heran saat ini setiap bursa kerja selalu dipadati oleh ratusan ribu orang - orang muda yang seharusnya bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Saya dulu kuliah di bidang teknologi sehingga akan menceritakan bagaimana teknologi bisa berdampak bagi jutaan orang. Bahkan meskipun dilihat dari sudut pandang umum pun, saat ini teknologi dianggap sebagai pemberi dampak terbesar dalam kehidupan sehingga kebetulan saja saya berkecimpung di dalamnya sehingga bisa melihat lebih dalam. Contoh paling fenomenal di Indonesia adalah perusahaan teknologi dengan valuasi tertinggi di Indonesia yaitu Gojek. Founder Gojek bernama Nadiem Makarim dan dari sebuah sentuhan tangan Nadiem bisa menghidupi lebih dari 250 ribu orang mitra, bayangkan orang sebanyak itu sama dengan jumlah penduduk satu kota asal saya, Pasuruan. Bahkan seorang walikota dengan penduduk sejumlah itu pun belum tentu bisa menghidupi seluruh rakyatnya. Satu orang nadiem bisa memberikan rezeki terhadap 250 ribu orang, lalu bagaimana jika ada 1000 orang nadiem? bisa dibayangkan 250 juta orang indonesia akan hidup layak dan ditakuti oleh negara - negara lain. Nadiem saat membuat gojek usianya masih di bawah 30 tahun dan terhitung sebagai pemuda, sudah terlihat kan dampak dari karya luar biasa pemuda? Bahkan perusahaan taksi terbesar di Indonesia pun dan sudah berdiri belasan tahun "masih" menghidupi 40 ribuan orang, hanya belasan persen dari yang sudah dihidupi oleh perusahaan yang baru berdiri 6 tahun yang lalu.

Begitu besar dampak anak muda saat ini sangat terbantu dengan adanya teknologi. Saya pernah mendapatkan cerita bahwa Google, perusahaan teknologi terbesar saat ini, bisa meraih puncak kejayaan hanya dalam waktu belasan tahun, pendirinya pun sekarang masih terhitung muda dan berhasil menikmati kekayaannya. Bandingkan dengan perusahaan non teknologi, ambil contoh McDonald's yang didirikan tahun 60an dan meraih puncak kejayaan berpuluh tahun setelahnya, pemiliknya pun hanya bisa menikmati kekayaan sebentar saja karena sudah tua saat perusahaannya sukses. Beda banget kan? Mengapa bisa demikian? Akselerasi perusahaan teknologi bisa sangat cepat berkembang karena tidak terbatas ruang dan waktu, dunia maya bisa menjangkau tempat manapun di dunia dalam hitungan detik. Selain itu modal yang dikeluarkan juga tidak sebanyak jika mendirikan perusahaan konvensional. Scalability yang dimiliki perusahaan teknologi bisa tidak terbatas, terus tumbuh dan merusak pasaran dunia yang sudah berdiri sejak lama. Lihat saja bagaimana sekarang Alibaba (perusahaan e-commerce asal Tiongkok) begitu mendominasi dan sudah mulai ekspansi ke negara - negara lain. Data terakhir yang saya lihat 5 perusahaan terbesar termahal di dunia saat ini dikuasai oleh perusahaan teknologi.

Melihat peluang tersebut pemerintah tidak tinggal diam dan mendukung program 1000 startup digital yang diprakarsai oleh Kibar dan saat ini sudah menjangkau kota - kota besar di Indonesia. Program ini membantu anak muda agar bisa mendirikan perusahaan teknologi dengan cepat dan benar karena ada mentor - mentor yang siap membantu anak - anak muda yang punya ide - ide gemilang untuk diwujudkan. Harapan dari adanya gerakan ini adalah lebih banyak muncul Nadiem - Nadiem yang baru sehingga seluruh rakyat Indonesia bisa hidup sejahtera dan tumbuhnya rasa kepedulian antar sesama penduduk Indonesia. Saya rasa memang berat untuk merintis sebuah usaha, apalagi dengan tawaran berbagai perusahaan dengan gaji yang sangat menggiurkan, tapi dengan hati nurani pasti masih ada anak - anak muda yang hatinya terketuk untuk membantu sesama. Lihat saja bagaimana salah satu startup digital, kitabisa.com, sudah membantu banyak sekali orang di seluruh penjuru Indonesia, membuat orang - orang Indonesia bisa lebih mudah untuk memberikan donasi. Selain itu ada juga gerakan yang diprakarsai oleh Opini.id yang bernama Jong United (bisa dilihat di halaman depan website-nya), gerakan ini menampilkan video - video yang menggugah hati nurani agar selalu berguna untuk bangsa Indonesia. Selain itu Opini.id juga bisa menjadi salah satu tempat untuk mencurahkan segala ide - ide positif dari anak - anak muda Indonesia. Bukan lagi jamannya mencari pekerjaan mapan dan tidak berbuat sesuatu untuk Indonesia, waktunya anak - anak muda Indonesia berkarya demi bangsa-nya sendiri, Merdeka!
Read more!

24 Oktober 2016

Food Coma: Foodcourt Baru dengan Aneka Makanan Lezat


Surabaya lambat laun dibanjiri dengan tempat - tempat makan baru yang tentunya akan menambah pilihan di saat ingin makan bersama teman atau keluarga. Salah satu tempat makan baru yang ada di Surabaya dan sudah ramai diperbincangkan adalah Food Coma yang terletak di jalan Ngagel Jaya Utara 46, Surabaya. Lokasinya ada di antara Gotri dan Lumer ngagel. Benar saja, begitu saya datang langsung harus antri karena pengunjungnya sangat penuh, dilihat dari jumlah kursi sih sebenarnya disini sudah lumayan banyak kursi tetapi volume pengunjung banyak jadi ya harap maklum. Desain interior dari tempat ini cukup unik karena ada lokasi semi outdoor dimana kita bisa duduk dan memilih makanan di tenant yang kita inginkan. Jika ingin suasana yg lebih private silahkan memanfaatkan ruangan indoor yang ber AC dan full kaca sehingga seolah - olah tidak ada batas antara ruangan indoor dan semi outdoor. Konsep interior yg diusung juga bikin pengunjung pingin foto karena berasa di pasar malam saja.











Menurut yang saya baca, tempat ini terkenal karena makanan yang dijual disini enak - enak dan variatif, ada pizza, makanan jepang, dessert, jajanan indonesia, dan aneka minuman menarik. Dari segi harga sebenarnya terhitung cukup mahal, lebih murah Aiola, tetapi memang karena jenis makanan yang ditawarkan tergolong makanan agak mahal. Saya sendiri memesan makanan jepang seharga 30 ribuan dan teman - teman saya memesan pizza yg bentuknya mirip panties pizza. Satu hal yg cukup mengganggu disini adalah sistem pembayaran terpusatnya yang bikin antri panjang. Sebenarnya memang mayoritas foodcourt pembayarannya terpusat gini sih, tapi kan ada contoh yang lebih simpel seperti foodcourt TP yang bayar di tenant masing - masing. Setelah menunggu pesanan kami pun datang, pesanan paling lama datang adalah pizza karena emang bikinnya lama. Kami juga pesan cireng dibumbu modern karena penasaran akan rasanya. Setelah semua pesanan datang kami pun mulai makan, pizza nya emang enak kok, kata temen - temen lebih enak daripada panties pizza. Makanan yang saya pesan juga enak, namanya Gyudon. Wajib dicoba nih bagi pecinta kuliner di Surabaya.
Read more!
badge