04 Juli 2016

Ingin Dikenang Sebagai Apakah Kamu?


"Hidup itu pilihan, hidup juga ditentukan oleh takdir, salah satu takdir kecilmu adalah membaca tulisan tidak penting ini, dan setelah membaca tulisan ini, saatnya kamulah yang memilih tindakan selanjutnya yang akan kamu lakukan"

Beberapa pekan lalu ada berita kematian Muhammad Ali, mantan petinju yang dikenal sebagai seorang muslim yang mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan agama Islam di Amerika Serikat. Ingin menjadi seperti beliau? terlalu muluk? oke mari saya perkecil cakupannya, menjadi sangat kecil hingga siapapun bisa menjadi seperti sosok seperti ini. Ada seorang aktivis sosial yang sebenarnya berasal dari keluarga berada yang merelakan hidup nyamannya di kota besar untuk memenuhi panggilan hati menjadi relawan pendidikan di daerah terpencil Indonesia. Satu cerita yang membuat saya tersentuh adalah saat salah seorang warga yang baru saja memiliki anak meminta izin untuk memberi nama anaknya dengan nama yang persis dengan nama relawan tersebut, alasannya agar kelak anak tersebut bisa menjadi seperti relawan itu, sosok yang menurut orang tua bayi itu patut menjadi teladan, bayangkan betapa luluhnya hati relawan tersebut begitu mendengar dia adalah sosok yang sifatnya diharapkan menular ke bayi yang baru lahir hingga memiliki nama yang sama persis.

Lalu kamu mau menjadi seperti apa? seorang pegawai biasa yang dikenal menjadi sosok yang baik di lingkungan sekitar? seorang pengusaha kaya raya yang dikenal dermawan terhadap lingkungan sekitar? atau seorang yang memiliki nama besar seperti Muhammad Ali? Semua pilihan itu ada ditanganmu sekarang dan apa yang kamu lakukan setelah ini akan menentukan. Tentu saja jika ingin dikenang sebagai orang besar, yang setelah mati pun namanya masih sering disebut oleh orang - orang, itu tidak mudah. Tetapi jika ada prinsip yang dipegang bahwa sebaik - baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain dan tidak takut kehidupannya akan berantakan, semua itu akan bisa dilewati dengan lancar meskipun berat. Ada contoh lain yang diceritakan oleh seseorang bahwa beliau ingin dikenang sebagai tokoh di kampungnya sehingga ingin namanya dipakai sebagai nama jalan di kampungnya tersebut. Masing - masing orang bebas menentukan pilihan, tinggal dilihat saja apakah pilihannya hanya memakai pikiran atau sudah memakai hati.

Sumber gambar: Majalah Time

2 komentar:

  1. satu kebaikan kecil mungkin nggak bisa mengubah seluruh dunia, tapi mungkin ada dunia seseorang yang berubah karenanya

    BalasHapus

badge