24 Juli 2016

Pecel Lele Cak Di Nganjuk: Penyetan Murah dan Lezat dengan Sambal Segar


Surabaya sebagai kota pecinta pedas tidak bisa lepas dari yang namanya makanan mengandung sambal. Ada yang menamakan dirinya "sego sambal" ada yang menamakan dirinya "penyetan", sebenarnya sama aja sih, saya juga gak tau bedanya apa setelah mencicipi berbagai sego sambal dan penyetan di Surabaya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengunjungi sebuah warung penyetan yang sering saya dengar dibicarakan oleh teman - teman saya, jadinya saya penasaran seperti apa sih rasa makanan yang ada disini. Nama dari warung ini adalah Pecel Lele Cak Di Nganjuk yang terletak di jalan Dharmahusada (atau jalan Mustopo) nomor 91 (ini kayaknya nomor toko yang terasnya dipake jualan oleh Cak Di) Surabaya. Agak susah juga mencari alamat dari warung kaki lima ya, warung ini sangat dekat dengan soto daging tapak siring, jadi cari aja alamat soto tapak siring. Sebagai warung kaki lima, Pecel Lele Cak Di Nganjuk baru buka malam hari saat toko yang terasnya bakal dipakai sudah tutup.






Saya sempat beberapa kali ke penyetan yang terkenal dan kursinya selalu banyak, saya kira tempat ini juga seperti itu tetapi dugaan saya salah, kursinya ya sama aja dengan penyetan yang lain, padahal yang beli banyak banget, akhirnya harus menunggu orang lain selesai makan deh. Makanan yang dijual disini kebanyakan adalah ikan dan lele, saya sendiri memesan lele karena nama warungnya mengandung kata pecel lele, jadi ya sepertinya yang enak pecel lelenya, hehehe. Satu hal yang bikin heran disini adalah sambal yang disajikan itu porsinya banyak dan dalam kondisi segar, bener - bener diulek saat itu juga. Jadi ya pelanggan harus menunggu agak lama karena sambalnya diulek on the spot padahal pengunjungnya sangat banyak (kalau warung penyetan laris lainnya selalu memakai sambal yang sudah digoreng, jadi siap disajikan). Setelah menunggu agak lama akhirnya pesanan saya pun datang, 2 ekor lele menjadi santapan saya malam itu, porsi nasi yang saya pesan juga dua karena sedikit sekali. Rasa sambelnya emang mantap banget, meskipun pedas saya menghabiskan seluruh sambal karena ketagihan, saran saya kalau datang kesini bawa tisu ya biar tidak bingung mencari tisu disaat membutuhkan. Harga satu porsi lele adalah 12 ribu, 2 porsi nasi 6 ribu, dan satu gelas es jeruk 3 ribu, murah banget kaan.

3 komentar:

  1. Ada yang tau cak Di pindah kemana? Kayaknya kena gusur gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kapan ya? karena saya 2 minggu yg lalu lewat sana masih buka kok

      Hapus

badge