29 Desember 2016

Rawon Nguling: Makanan Khas Lokal Langganan Mantan Presiden


Waktu saya belum SMA, sering sekali saya ke Jember, paling tidak setahun atau dua tahun sekali. Setiap ke Jember pula saya selalu melewati tempat makan ini tetapi sama sekali tidak pernah mampir kesini. Ya mungkin karena hanya menyediakan sedikit jenis makanan yang membuat orang tua saya waktu itu tidak pernah mengajak mampir kesini. Nah sewaktu perjalanan pulang dari Jember kemarin saya penasaran terhadap tempat makan ini karena sudah minimal 2 kali dikunjungi oleh mantan presiden yang waktu itu masih menjabat, keren juga ya. Nama tempat makan ini adalah Rawon Nguling yang terletak di jalan raya Tambakrejo nomor 75, Probolinggo. Lokasinya tepat di perbatasan antara kabupaten Probolinggo dan kabupaten Pasuruan. Saat saya datang emang pengunjungnya banyak banget tapi masih bisa dapat tempat duduk kok. Hanya ada beberapa menu makanan yang dijual disini, dengan sajian utama tentu saja rawon.





Sebenarnya selain rawon disini juga menyediakan nasi pecel, soto, lodeh, gule kambing, sop, campur, kare ayam, krengsengan, semur daging, sayur asem, garingan, dan sambal goreng ati. Berhubung dulu pak mantan presiden pesan rawon jadilah saya juga pesan rawon. Minuman disini juga lumayan beragam, ada teh botol, es sinom, es sirup, es campur, es dawet, es sogem, es susu, es teh, es jeruk, kopi, dan STM. Sudah lama banget saya gak minum sogem (seingat saya hanya warung - warung di daerah Pasuruan Probolinggo yang jual sogem), jadilah saya pesan sogem. Tidak lama menunggu pesanan pun datang, berhubung panas banget kuahnya jadi saya aduk - aduk dulu sampai hangat. Daging yang ada di dalam rawon ada yang kenyal - kenyal, jadilah daging kenyal tersebut saya kasihkan papa saya, saya gak doyan daging (apapun) yang kenyal. Rasanya emang enak sih, tapi menurut saya masih lebih enak rawon di jalan embong malang surabaya, terbaik lah itu. Satu porsi rawon dihargai 25 ribu rupiah, harga rawon terkenal di daerah sini emang rata - rata segitu. Silahkan dicoba jika ingin mencicipi apa yang disantap oleh pak mantan presiden terdahulu, selamat mencoba.
Read more!

Club Roppang: Tempat Nongkrong Nyaman di Tengah Kota Jember


Libur panjang akhir pekan kemarin saya gunakan untuk mengunjungi kediaman nenek saya di Jember. Saya terakhir ke Jember sekitar 4 tahun yang lalu, dan ketika saya datang lagi kali ini tidak banyak berubah sih. Akhir - akhir ini saya juga sering lihat tempat kuliner baru yang ada di Jember. Nah, kali ini saya diajakin temen - temen saya ke tempat yang bernama Club Roppang, letaknya di jalan PB. Sudirman nomor 48A, persis di depan rumah sakit DKT. Lokasi ini sangat strategis karena dekat dengan alun - alun dan rumah kakek nenek saya, hehehe. Tidak ada tempat parkir khusus disini jadi kalo bawa mobil ya terpaksa parkir di pinggir jalan. Area pengunjung disini tidak terlalu besar, ada bagian merokok di depan, kalo mau yang sejuk pengunjung bisa memilih di bagian dalam yang ber AC. Saat datang kita harus mengambil menu terlebih dahulu di bagian kasir yang terletak di depan bangunan. Kalo sudah hafal bisa langsung pesan tapi kalo masih ingin pilih - pilih menu boleh dibawa ke meja.














Konsep interior yang diusung anak muda banget, dinding dengan beberapa gambar, bahkan ada gambar mangkok dengan ayam yang melegenda itu. 2 Makanan utama yang ada disini adalah roti panggang dan indomie/samyang, tapi dengan banyak varian yang bisa kita pilih. Contohnya saja untuk roti panggang kita bisa memilih mulai dari oreo, mentega gula, strawberry, cokelat, green tea, sampai ovomaltine. Harganya mulai dari 10 ribu hingga ada yang 32 ribu (paling mahal tentunya varian yang berisi daging). Makanan kategori kedua adalah indomie/samyang, tinggal pilih mau yang biasa tinggal pesan indomie, kalo mau yang pedas tinggal pilih samyang. 3 menu spesial dari indomie ada indomie lengket yang berisi mozarella, indomie club roppang yang berisi smoke beef dengan rasa creamy, serta indomie kuah susu dengan kisaran harga 14-20 ribuan. Untuk minuman bisa pilih aneka kopi, aneka soda, dan aneka latte, harganya juga terjangkau mulai dari dibawah 10 ribu sampai hampir 20 ribu. Setelah makanan datang hal pertama yang bikin saya kaget adalah mangkoknya berlogo indomie, Baru kali ini saya makan di mangkok berlogo indomie, keren juga ya. Rasa dari makanan dan minumannya enak kok, mantap abis lah buat nongkrong - nongkrong.
Read more!

18 Desember 2016

Kedai Pak Cik Abin: Nikmati Kuliner Aceh di Kota Malang


Wisata kuliner saya kali ini kembali ke kota yang memang surganya kuliner, yaitu Malang. Sebenarnya saya udah lama banget pingin kesini, semenjak pernah merasakan makanan jenis yang sama di Jakarta dan itu enak banget jadi pingin coba makanan jenis ini di kota - kota lain. Nama tempat makan ini adalah Kedai Pak Cik Abin yang terletak di jalan Papa Hijau nomor 1 Malang, ada di kawasan pemukiman dan sekolah, bukan di pinggir jalan besar gitu. Begitu sampai ternyata tempatnya cukup luas dan bisa menampung banyak orang, waktu saya dateng pun kondisinya juga cukup ramai. Konsep tempat makannya semi terbuka jadi tidak ada batas tembok atau kaca antara tempat makan dan tempat parkir, untung ini di Malang, coba kalo di Surabaya udah penuh dengan nyamuk dah, hehehe. Kedai ini menyediakan beberapa menu unggulan yang tentunya sangat menggoda, menu paling diunggulkan adalah mie aceh.










Sepertinya mie aceh menjadi unggulan di seluruh kedai makan masakan aceh karena beberapa kali saya ke kedai masakan aceh yg menjadi andalan selalu mie. Kedai Pak Cik Abin ini menyediakan beberapa makanan selain menu unggulan mie aceh yg bisa dinikmati rebus atau goreng. Menu lain diantaranya mie aceh kepiting, mie kak ros, mie laksa, kwetiau goreng sapi, dan nasi lemak. Aneka nasi goreng juga disediakan disini mulai dari teri medan hingga tuna. Ada juga gulai kepala kakap dan soto medan. Selain makanan berat disini juga menyediakan makanan ringan seperti roti panggang aneka rasa dan varian hingga roti maryam aneka rasa dan varian juga. Minuman juga tidak kalah menarik, salah satu minuman unggulan disini adalah teh tarik hangat, rasanya nendang banget. selain itu juga ada teh tarik bubble ice kacang merah dan janggung jika ingin menikmati varian lain dari teh tarik. Buat pecinta kopi disini juga menyediakan aneka kopi khas dari daerah aceh. Buat kamu yang mencari kuliner aceh di malang atau rindu akan kuliner khas sana, boleh lah mampir kesini, dari segi rasa menurut saya lumayan enak kok.
Read more!

03 Desember 2016

Makmu: Foodcourt Kece di Sisi Timur Surabaya


Wisata kuliner kali ini akan mengunjungi sebuah tempat yang lumayan baru di kota Surabaya. Rupanya dua tempat kuliner terakhir yg saya kunjungi memiliki ciri - ciri yang sama, apa emang lagi hits ya? Jadi kedua tempat ini sama - sama berbentuk food court, kemudian interior dari food court ini mengusung tema yg unik, seperti ke bangunan tradisional gitu lah, kedua tempat ini juga rame banget. Nah, nama food court hits kedua yang saya kunjungi kali ini adalah Makmu yang terletak di jalan Merr nomor M32, jadi di jalan Merr yg paling ujung di dekat gunung anyar. Waktu saya datang siang hari suasananya begitu ramai dan untungnya masih dapet tempat duduk. Kita bisa memilih beberapa jenis ruangan mulai dari ruangan indoor yg ber AC, ruangan outdoor dekat penjual makanan, hingga lantai 2 untuk ngelihat pemandangan jalanan. Berhubung saya kehabisan ruangan ber AC jadilah duduk di ruang outdoor. Sistem pembayaran di foodcourt seperti ini relatif sama, yaitu memesan di stan - stan makanan, kemudian membayar ke kasir (biasanya minuman juga ada di kasir), setelah itu kita akan mendapatkan nomor meja.








Pilihan makanan yg ada di food court ini cukup beragam, tetapi secara umum lebih ke masakan Indonesia. Beberapa makanan yg ada disini adalah masakan padang, aneka nasi goreng dan mie goreng, aneka jajanan gorengan, makanan madura, roti bakar, sosis bakar, dan lain sebagainya. Minuman disini pun juga bervariasi mulai dari es teh es jeruk sampai milkshake. Saya sendiri memesan rendang seharga 20 ribuan dan sosis bakar dengan harga yang sama sebagai makan siang saya. Tidak lama menunggu makanan pun datang, saya yg udah kelaparan mulai menyantap nasi padang yang ada di depan saya. Mungkin karena saya terbiasa makan nasi padang di dekat kosan yang murah dan enak, nasi padang disini terasa biasa aja, porsi sedikit, mahal lagi, hehehe. Sosis yang saya pesan juga lumayan enak, tapi rada mahal sih dengan harga segitu dan ukuran yang tidak terlalu besar. Hal utama yang menjadi daya tarik utama untuk datang kesini adalah nuansa enak dan bisa untuk foto - foto jadi ya rame banget deh. Buat yang rumahnya di gunung anyar bisa dicoba nih.
Read more!
badge