08 November 2017

Gudeg Yu Djum: Makanan Khas Jogja Paling Melegenda


Berbicara masalah kuliner yang ada di Yogyakarta, hampir semua orang pasti akan menjawab gudeg karena sejak jaman dahulu kala makanan satu ini sudah menjadi makanan khas Yogyakarta, tidak lengkap rasanya datang ke Yogyakarta jika tidak mencicipi gudeg nya. Salah satu gudeg paling terkenal yang ada disini adalah Yu Djum yang terletak di jalan Wijilan, lokasinya sangat dekat dengan keramaian pusat kota Jogja dan memang di daerah sekitar Kraton Yogyakarta. Kata orang - orang saat ini ada banyak cabang dari gudeg Yu Djum ini tapi saya pingin merasakan di tempat aslinya. Kedai ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 22 malam, tetapi biasanya kalau sudah malam sudah mulai banyak lauk yang habis karena memang jualannya sejak pagi. Meskipun terkenal tetapi tempatnya sangat sederhana, hanya ada beberapa meja dan konsepnya lesehan.






Saya memesan dengan lauk ayam paha atas seharga 30 ribu, cukup mahal ya jika dibandingkan dengan makanan sehari - hari. Pilihan minumannya juga tidak terlalu banyak, saya sendiri pesan es teh. Setelah makanan datang saya pun mulai melahapnya karena memang sudah lapar. Rasa gudeg yang memang manis menurut saya enak, tidak terlalu manis juga sehingga pas di lidah. Pelengkap lainnya seperti suwiran dan olahan kulit sapi pun juga enak dan tidak bikin eneg. Selain lauk ayam, disini juga ada lauk lain seperti telur, tahu, tempe, ati ampela, dan ayam bagian lain. Gudeg juga seringkali dijadikan oleh - oleh untuk dibawa ke rumah, disini paket mahal untuk besek/kendil yang dibawa pulang adalah ayam 1 ekor dan 10 telur seharga 290 ribu rupiah, itu awet meskipun dingin. Bagi yang datang ke Jogja wajib hukumnya datang kesini apalagi kalo belum pernah merasakan yang namanya gudeg.
Read more!

Tempo Gelato: Kedai Berlokasi Jogja Paling Hits di Instagram


Saya sudah lama tidak datang ke kota Yogyakarta. Sebenarnya dulu sudah beberapa kali kesini tetapi saat itu masih belum aktif menuliskan blog tentang kuliner sehingga tidak ada sama sekali tulisan tentang kuliner yang ada disana. Nah, pada kesempatan yang singkat ini saya mengunjungi sebuah tempat jualan gelato yang banyak sekali muncul di beranda instagram saya. Nama tempat ini adalah Tempo Gelato yang terletak di jalan Prawirotaman nomor 43. Saya baru tahu juga disini banyak sekali tempat hiburan bagi bule - bule yang sedang berlibur di Yogyakarta, kirain kawasan kayak gini adanya di Jakarta dan Bali saja. Begitu sampai benar saja banyak sekali pengunjung yang foto - foto disini, entah foto gelatonya maupun foto berlatar belakang bangunannya. Begitu masuk saran saya langsung ke kasir yang terletak di sebelah kanan pintu masuk dan langsung memesan apa yang diinginkan. Jadi sistem disini adalah membayar dahulu sesuai porsi yang diinginkan kemudian baru memesan rasa nya di bagian pemesanan.








Pengunjung bisa memilih antara yang pake cone atau pakai wadah kecil gitu, saya sendiri memilih untuk yang pakai cone karena lebih bagus aja bentuknya, hehehe. Harga satu cone adalah 25 ribu bisa mendapatkan 2 rasa. Saya memilih rasa matcha dan oreo karena dua rasa itu menurut saya yang paling enak saat ini. Jika tidak ingin terlalu ramai, datangnya pada sore hari karena di jam - jam tersebut biasanya orang masih belum keluar dari penginapan atau dari rumahnya untuk nongkrong bersama kawan - kawan, kalau sudah malam jangan harap dapat tempat duduk dengan cepat disini. Rasa dari gelatonya memang enak banget sih, ukurannya juga cukup besar, sepadan lah dengan harganya. Interior yang ada disini juga bagus, pemasangan foto - foto artis yang pernah datang kesini sedemikian rupa sehingga tidak terlihat memenuhi dinding. Bangunannya memang sempit sehingga kalau pengunjungnya sedang ramai maka akan sulit bergerak. Foto yang bagus akan dihasilkan maksimal di siang hari karena kalau malam hanya ada cahaya lampu saja. Wajib dikunjungi kalau ingin memenuhi galeri media sosial dengan hal kekinian nih.
Read more!
badge