27 Desember 2017

Haji Lane: Tempat Foto Kekinian di Singapura

Setelah mengunjungi Malaysia, rombongan kami melanjutkan perjalanan ke Singapura dengan menggunakan jalur darat. Perbatasan di jalur darat lebih ketat sehingga harap lebih berhati - hati dan menyiapkan seluruh data kunjungan untuk jaga - jaga saat ditanya petugas imigrasi. Tidak sampai 1 jam dari Johor, kami sudah tiba di Singapura dan langsung menuju hotel. Keesokan harinya tempat pertama yang kami kunjungi adalah perbelanjaan Mustafa. Berhubung saya tidak suka belanja, saya buka google maps dan mencari tahu apakah Haji Lane dekat dengan sini, ternyata jaraknya hanya 2 km saja, saya pun mengajak sepupu - sepupu saya yang masih muda untuk berjalan kaki ke Haji Lane. Bagi pengunjung yang naik MRT, setahu saya stasiun Jalan Besar jaraknya tidak terlalu jauh dengan Haji Lane, kurang lebih 1 km. Saya sarankan datang kesini saat pagi karena saat pagi toko - toko yang ada di Haji Lane masih tutup dan pengunjungnya relatif sepi karena jam aktif di Singapura adalah jam 10.

Saat saya tiba sudah banyak wisatawan yang foto - foto disini. Mayoritas adalah orang Indonesia, terlihat dari bahasa yang digunakan mereka. Ada beberapa bagian yang bisa dijelajahi di kawasan ini, jadi bukan satu spot saja untuk foto, ada beberapa spot yang bisa dijadikan tempat foto. Haji lane ini adalah jalanan kecil di salah satu sudut Singapura dan berisi beberapa kedai, restoran, kafe, dan toko. Tempat yang biasa digunakan untuk foto adalah dinding - dinding yang berisi lukisan atau mural, sebenarnya mirip dengan kampung warna - warni yang ada di Malang. Daerah sekitar Haji Lane juga terdapat tempat makan yang terhitung murah karena menawarkan menu - menu arab atau india. Bagi wisatawan muda Indonesia yang galeri instagramnya selalu berisi foto - foto tempat hits, rasanya wajib mengunjungi jalan ini setelah sarapan pagi.