15 Mei 2018

Kartu Debit Bisa Transaksi Kartu Kredit Pembelian Online

Kemajuan teknologi dan perkembangan zaman saat ini sudah mulai meleburkan batas - batas yang dulu sengaja dibuat untuk memaksa konsumen memilih produk tersebut, apalagi persaingan saat ini semakin ketat dengan makin banyaknya perusahaan baru yang berdiri, terutama di bidang keuangan. Fintech menjadi topik hangat yang dibicarakan beberapa tahun terakhir, semakin banyak pilihan metode pembayaran yang memudahkan konsumen, terutama pembayaran online. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman membayar transaksi online saya yang harusnya dibayar dengan kartu kredit bisa dibayar menggunakan kartu debit bank Mandiri. Saya tertarik mencoba hal ini karena saya tidak tertarik memiliki kartu kredit padahal kartu kredit lebih memiliki banyak fitur pembayaran daripada kartu debit yang hanya bisa tranfser online ke rekening menggunakan aplikasi online dari bank. Ada juga fitur menu pembayaran online menggunakan kode tertentu yang sudah umum dimiliki untuk pembayaran online, tetapi tetap saja pilihan pembayaran menggunakan kartu kredit lebih banyak dan selalu muncul di setiap pembayaran online.

Nah, pada kesempatan kali ini saya mengalami situasi dimana pembelian online yang saya lakukan pilihannya hanya bisa 2 metode, kartu kredit dan melalui ATM. Situasi yang membuat saya malas karena sudah dimanjakan dengan fitur pembayaran online yang bisa dilakukan dengan aplikasi online bank menggunakan tabungan biasa (kartu debit) tanpa harus ke ATM. Nah, teman saya memberikan informasi bahwa bisa membayar menggunakan metode kartu kredit padahal kita menggunakan kartu debit. Sebelum menjelaskan bagaimana caranya, saya menjelaskan terlebih dahulu pembayaran kartu kredit online itu bagaimana caranya, kali aja banyak yang belum tahu kan.

(1) tampak belakang kartu debit (sama persis dengan tampak belakang kartu kredit)


(2) contoh halaman pembayaran menggunakan kartu kredit
Jadi jika pembayaran menggunakan kartu kredit, saat di menu pembayaran harus mengisikan data - data persis seperti pada gambar 2. Kolom card number diisi nomor yang ada di belakang kartu kredit seperti pada gambar 1 (itu nomornya disensor warna putih untuk kebutuhan rahasia publikasi umum, kalau dalam kondisi nyata di kartu anda nomornya terlihat jelas), kecuali 3 angka terakhir yang dikotak panah warna merah karena yang dikotak panah warna merah tersebut diisikan di kolom CVV pada halaman pembayaran di gambar 2. Setelah mengisikan secara benar dan lengkap maka otomatis pembayaran sudah selesai dan tagihan akan masuk ke dalam kartu kredit anda. Sangat mudah bukan, maka dari itu banyak yang menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi. Nah, ternyata dengan menggunakan kartu debit mandiri, saat ini sudah bisa transaksi di halaman pembayaran kartu kredit seperti pada gambar 2. Mau tanya caranya? silahkan lanjutkan membaca ke paragraf berikutnya.

(3) tampak depan kartu debit
Hal pertama yang harus anda pastikan adalah anda memiliki kartu ATM Mandiri yang sudah berlogo VISA (pojok kanan bawah pada gambar 3). Setelah hal pertama terpenuhi, hal kedua yang harus anda lakukan adalah mendaftar mandiri online layanan penuh di CS Bank Mandiri sehingga anda bisa login mandiri online melalui aplikasi dan website. Setelah 2 hal ini terpenuhi, maka anda sudah otomatis terdaftar dalam layanan mandiri debit online (VBV) yang didukung oleh VISA. Anda bisa melakukan langkah - langkah persis pembayaran kartu kredit yang ada di gambar 1 dan 2 dan sudah saya jelaskan di halaman sebelumnya, padahal anda menggunakan kartu debit. Perbedaannya adalah nanti ada kode verifikasi melalui sms yang dikirimkan ke nomor HP anda yang harus dimasukkan di halaman seperti gambar 2. Maka saldo tabungan anda akan otomatis terpotong setelah berhasil melakukan pembayaran. Jika ada pertanyaan tidak ada tulisan pembayaran kartu debit, jawabannya adalah yang dibuka adalah pembayaran kartu kredit, jadi benar - benar di halaman kartu kredit, bedanya adalah kartu tabungan yang anda gunakan adalah kartu debit (ATM) biasa. Setelah saya baca - baca ternyata ini produk salah satu startup di Indonesia, keren juga ya bisa membuat hal solutif seperti ini dan sangat membantu, apalagi saya tidak mau memiliki kartu kredit. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

badge